Trending

Mendagri Ukraina Tewas Akibat Kecelakaan, Dugaan Sementara Ada Sabotase

Mataram (NTB Satu) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Ukraina, Denys Monastyrsky tewas akibat kecelakaan pada 18 Januari 2023. Mendagri Ukraina tewas bersama rombongan lain saat helikopter jenis Airbus H225M yang ditumpanginya terjatuh di pinggir timur Ibu Kota Kyiv.

Helikopter yang jatuh menewaskan 14 orang termasuk Monastyrsky beserta wakil menteri pertamanya dan sekretaris negara.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pun telah memerintahkan Dinas Keamanan Ukraina (SBU) untuk memimpin penyelidikan terhadap insiden itu.

Dilansir dari Asumsi, SBU menduga sejumlah penyebab atas terjadinya kecelakaan tersebut, salah satunya sabotase serta kerusakan teknis atau pelanggaran peraturan penerbangan.

Sampai saat ini, kemungkinan sabotase belum dapat dikesampingkan. Namun, pendalaman lebih lanjut dibutuhkan untuk membuka tabir penyebab insiden nahas tersebut.

Helikopter H225M yang dimiliki oleh Layanan Darurat Negara Ukraina (SES) itu jatuh di kota Brovary, pinggiran Ibu kota Kyiv.

Angkutan tersebut jatuh sekitar pukul 08:20 waktu setempat. Kecelakaan itu terjadi di dekat taman kanak-kanak hingga mengalami kerusakan parah.

Jumlah pasti orang yang tewas dan terluka dalam insiden tersebut belum sepenuhnya jelas. Angka resmi terakhir dari SES adalah 14 tewas, termasuk setidaknya satu anak, dan 25 lainnya luka-luka.

SES sebelumnya telah menyatakan bahwa setidaknya tujuh orang, termasuk tiga anak, tewas di lapangan dan 30 lainnya luka-luka.

Laporan awal lainnya bahwa 18 orang tewas kemudian direvisi turun, pertama menjadi 17 dan kemudian menjadi 16 . Angka ini, serta berapa banyak orang yang terluka, dapat direvisi lagi saat lebih banyak informasi tersedia.

“Saat ini tidak ada informasi mengenai jumlah anak yang hilang. Identifikasi sedang dilakukan,” kata Oleksiy Kuleba, kepala Administrasi Militer Daerah Kyiv.

SES Ukraina mengatakan bahwa operasi pencarian dan penyelamatan berakhir pada Rabu pukul 15:30 waktu setempat. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button