ADVERTORIAL

Gubenur Minta Penerima Beasiswa NTB Hasilkan Gagasan Menarik untuk Warnai Peradaban Dunia

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) memiliki program bertajuk 1000 Cendekia. Program tersebut fokus menyediakan beasiswa kepada anak-anak NTB untuk kuliah, baik di dalam maupun luar negeri.

Gubernur NTB, Dr.H. Zulkieflimansyah mengatakan, penerima Beasiswa NTB mesti menghasilkan gagasan-gagasan yang menarik bagi Indonesia, bahkan dunia. Gubernur berharap agar anak-anak NTB dapat mewarnai peradaban dunia dengan menarik.

IKLAN

“Kami sangat mendambakan agar anak-anak NTB dapat menjadi tokoh-tokoh penting di dunia,” ujar Zulkieflimansyah pada acara “Gebyar Beasiswa NTB“, Senin, 20 Maret 2023.

Gubernur juga menargetkan program beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah agar dapat berkuliah di NTB. Dengan begitu, indeks human development milik NTB akan meningkat.

Di sela-sela menyapa calon penerima Beasiswa NTB, Gubernur menyampaikan harapannya agar anak NTB tetap mendapat kesempatan untuk kuliah di luar negeri. Oleh karena itu, ia akan mengumpulkan seluruh perusahaan besar di NTB untuk memberikan dana sumbangan.

Namun, sumbangan tersebut tetap akan menjadi milik perusahaan. Hanya saja, Gubernur akan bekerja sama dengan fund manager untuk mengelola sumbangan tersebut supaya membiayai kesinambungan program Beasiswa NTB di masa yang akan datang.

IKLAN

“Uang milik perusahaan tersebut tidak akan berkurang. Selain itu, uang tersebut akan mampu memberikan beasiswa terhadap seluruh anak-anak di NTB yang ingin bersekolah di luar negeri,” terang Gubernur.

Menurut Gubernur, Program Beasiswa NTB memang tidak gampang disosialisasikan. Terlebih kepada masyarakat yang tidak pernah menempuh program pendidikan di sebuah perguruan tinggi di luar negeri.

Pria yang pernah menjadi dosen di sejumlah kampus itu menjelaskan, Beasiswa NTB merupakan investasi dalam bidang pembangunan sumber daya manusia untuk jangka waktu 15 hingga 30 tahun ke depan. Ia punya komitmen untuk bekerja sama dengan kampus-kampus di luar negeri dengan biaya yang lebih murah, namun memiliki jumlah yang lebih banyak.

Dengan begitu, NTB akan bangga dengan memiliki masyarakat yang percaya diri. NTB tidak akan kalah dengan luar negeri. Sebab, NTB memiliki perhelatan berskala dunia dan bisnis internasional.

“Ke depannya, kami akan mengirimkan lebih banyak mahasiswa tujuan luar negeri. Namun, anggaran untuk beasiswa tidak hanya berasal dari APBD, melainkan dana-dana yang lain,” tandas Gubernur. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button