Trending

4 Jurusan Ini akan Menjadi Prioritas Penerimaan CPNS 2023

Mataram (NTB Satu) – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas membocorkan empat jurusan yang akan menjadi prioritas pada seleksi CPNS dan PPPK 2023.

Ia juga menegaskan, bahwa pada CPNS 2023 tidak terbatas hanya pada sekolah kedinasan, namun dibuka juga untuk umum.

“Seleksi tahun ini akan dibuka untuk umum juga, tidak hanya bagi jalur sekolah kedinasan,” kata Anas, dikutip dari laman resmi Kemenpan RB, Jumat, 17 Maret 2023.

Lalau empat jurusan apakah yang dibeberkan Anas sebagai prioritas penerimaan CPNS dan PPPK pada tahun 2023? Berikut kami sajikan rangkumannya.

  1. Jurusan Kesehatan

Hampir setiap penerimaan CPNS, formasi yang selalu dibutuhkan adalah bidang kesehatan. Ini artinya, kebutuhan akan tenaga kesehatan selalu diprioritaskan karena memiliki kapasitas yang cukup banyak pada tiap seleksinya.

  1. Jurusan Pendidikan

Tingginya akan kebutuhan tenaga pengajar seperti guru dan dosen untuk mendidik menjadi salah satu yang diprioritaskan oleh negara. Maka bagi Anda lulusan S1 pendidikan, akan memiliki peluang besar dalam penerimaan CPNS 2023.

  1. Jurusan Komunikasi dan Digital

Seperti yang diungkapkan Menteri Anas bahwa talenta digital juga akan diprioritaskan pada penerimaan CPNS 2023. Maka jurusan dengan basic komunikasi dan digital berpeluang besar menjadi PNS pada tahun ini.

Hal tersebut lantaran pemilihan pekerja digital dianggap sebagai wujud transformasi digitalisasi dalam kerangka agenda Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Adapun jurusan yang dimaksud dalam basic ini adalah Jurusan Desain Grafis, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Bisnis Digital, Jurusan Sistem Informasi, Jurusan Teknologi Informasi dan sejenisnya.

  1. Jurusan Hukum

Selain ketiga jurusan di atas, formasi penerimaan CPNS 2023 juga akan dipersiapkan untuk lulusan sarjana di bidang hukum. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga ahli hukum oleh pemerintah, seperti jaksa dan hakim.

Oleh karenanya, lulusan S1 bidang hukum seperti Ilmu Hukum, Hukum, Perbandingan Mazhab dan Hukum, Al-Ahwal Al-Syakhshiyya, Jinayah Siyasah dan sebagainya, berpeluang besar pada penerimaan formasi CPNS 2023.

“Formasi juga akan dipersiapkan untuk jaksa, hakim, dosen, dan tenaga teknis tertentu,” katanya.(RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button