Kota Mataram

Ini yang akan Dilakukan Pemkot Mataram untuk Memajukan UMKM di 2023?

Mataram (NTB Satu) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah sektor andalan dalam upaya menumbuhkan perekonomian masyarakat Kota Mataram saat ini.

Maka dari itu, sektor tersebut menjadi salah satu prioritas bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram untuk dikembangkan.

Pada tahun 2023, Pemkot Mataram berencana untuk lebih menggencarkan upaya pendidikan dan pelatihan bagi para pelaku UMKM agar bisa lebih berkembang dari tahun sebelumnya.

Ada beberapa subsektor yang akan menjadi fokus utama pendidikan dan pelatihan tersebut, seperti koperasi dan industri.

“Kita akan kembangkan koperasi yang sehat, yang betul-betul dipercaya oleh masyarakat. Lalu ada industri, misalnya di Getap, kita akan kembangkan industri besi dan tembaga berbasis masyarakat,” ucap Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM Kota Mataram, Lalu Fatwir Uzali awal pekan ini.

Adapun dana untuk mengembangkan sektor tersebut, kata Fatwir, akan diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat Tahun 2023.

Selain itu, dalam upaya memajukan UMKM, Pemkot Mataram juga tengah menjajaki kerjasama untuk menjadikan eks Bandara Selaparang sebagai lokasi pameran UMKM di Kota Mataram.

Adapun UMKM di Kota Mataram saat ini berjumlah 7.000 UMKM. Jumlah itu didominasi oleh UMKM dengan produk kuliner, lalu fesyen, kriya, dan kosmetik. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button