IKLAN
Mataram

Kota Mataram Raih 3 Penghargaan, Salah Satunya Soal Buang Air Besar

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Kota Mataram berhasil meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award tahun 2022 yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kemenkes RI, Dante Saksono Harbuwono kepada Wakil Wali Kota Mataram, TGH. Mujiburrahman yang bertempat di Hotel Discovery Ancol, Jakarta, Rabu, 23 November 2022.

IKLAN

Tiga kategori yang diraih Kota Mataram pada STBM Award Tahun 2022 meliputi Kabupaten/Kota Sanitasi Total Berbasis Masyarakat Berkelanjutan, Kabupaten/Kota Penerapan Lima Pilar STBM, dan Kabupaten/Kota Terbaik Setop Buang Air Besar Sembarangan (Open Defecation Free).

Ketiga penghargaan itu diraih setelah melewati beberapa proses, seperti proses sosialisasi, pengusulan dari pemerintah daerah setempat dan klaim keberhasilan, kemudian diverifikasi pada tingkat provinsi yang dilanjutkan dengan verifikasi di tingkat pusat, lalu terakhir dilakukan observasi lapangan.

Atas penghargaan ini, Mujiburrahman mengucapkan syukur atas diraihnya prestasi bergengsi di bidang kesehatan tersebut. Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berkomitmen untuk menerapkan Lima Pilar STBM dan konsisten mengimbau masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan.

“Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan semua pihak terutama masyarakat yang sudah berpartisipasi dan berkomitmen menerapkan lima pilar STBM,” ujarnya.

Selain penghargaan STBM, Kemenkes RI dalam acara itu juga memberikan penghargaan untuk kategori Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat (PBUS), Penghargaan Sentra Pangan Jajanan atau Kantin yang Memenuhi Syarat Higiene Sanitasi.(RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button