IKLAN
Advertorial

Distanbun NTB Serahkan dan Uji Coba Mesin Pemadam Karhutla di Bima

Mataram (NTB Satu) – Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bertanggungjawab mengurusi pertanian dan perkebunan, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) NTB melakukan penyerahan dan uji coba bantuan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB, Drs. H. Fathul Gani M.Si., mengatakan, penyerahan dan uji coba tersebut turut didampingi oleh teknisi yang dari Tim Direktorat Jendral Perkebunan.

IKLAN

“Selain ada Tim Direktorat Jenderal Perkebunan, penyerahan dan uji coba itu didampingi oleh tim dari Dinas Pertanian Kabupaten Bima dan BP2TP pada Kelompok Tani So Sari, Desa Naru, Kecamatan Sape,” ujar Fathul, Kamis, 24 November 2022.

Lebih lanjut, Fathul menerangkan, kegiatan penyerahan dan uji coba bantuan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan telah dilaksanakan pada hari Selasa, 22 November 2022.

“Bantuan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan telah terberikan sebanyak lima unit,” kata Fathul.

Dengan adanya bantuan mesin pemadam kebakaran hutan dan lahan, Fathul berharap petani dan masyarat mampu mengatasi dampak perubahan iklim khususnya kebakaran hutan yang terjadi.

Banyak yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan, salah satunya adalah pembukaan lahan untuk tujuan agrikultur oleh perusahaan-perusahaan besar, kemarau panjang yang terjadi & curah hujan rendah.

Maka dari itu, diperlukan kesadaran dari diri sendiri maupun pemilik perusahaan supaya tidak membakar hutan karena akan berdampak buruk bagi masyarakat secara global. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button