Pendidikan

Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram Sukses Jadi Tuan Rumah Forum Dekan Ushuluddin PTKIN Seluruh Indonesia

Mataram (NTB Satu) – Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Mataram menjadi tuan rumah kegiatan Forum Dekan (Fordek) Fakultas Ushuluddin se-Indonesia 2023. Kegiatan ini telah berlangsung pada tanggal 17 sampai 20 Mei 2023 di UIN Mataram.

Kegiatan Fordek tersebut merupakan perhelatan akademik tahunan yang diikuti oleh Dekan, para peneliti dan akademisi dari Fakultas Ushuluddin se-Indonesia. Selain itu, ada juga rangkaian acara lainnya, yakni Rapat Kerja Nasional dan Annual International Conference.

IKLAN

Dekan FUSA UIN Mataram, Dr. H. Lukman Hakim, M.Pd., menyambut hangat para peserta Fordek saat pembukaan, Rabu, 17 Mei 2023.

“Selamat datang di Kota Mataram, kota yang kecil tetapi cukup indah dan menawan bagi para tamu dari luar daerah. Sebab, menjadi tempat terbaik untuk berbulan madu, bulan madu keummatan sehingga dapat ‘melahirkan khairo ummatin, umat terbaik. Serta, terbaik untuk ‘melahirkan’ pemikiran-pemikiran produktif, dengan dukungan faktor alam yang indah,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Fordek 2020-2023, Yusuf Rahman, Ph.D., menjelaskan, bahwa forum ini untuk memperkuat hubungan kerja sama antar Fakultas Ushuluddin.

“Pertemuan Fordek juga dimanfaatkan untuk menandatangani Nota Kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA). Ini sebagai ikhtiar mensukseskan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka di Fakultas Ushuluddin,” jelasnya.

IKLAN

Yusuf juga menyampaikan, terdapat lima poin inti dari kegiatan Fordek 2023. Pertama, mendiskusikan ragam informasi perkembangan ilmu ke-Ushuluddinan dan Humaniora. Kedua, saling berbagi antara akademisi dengan semua pihak yang terlibat, khususnya perguruan tinggi keagamaan se-Indonesia.

Lalu, saling membantu menyelesaikan permasalahan di lapangan terkait pengembangan lembaga, Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya isu-isu global. Keempat, meramu dan mewujudkan gagasan-gagasan pengembangan akademik Fakultas Ushuluddin se Indonesia. Kelima, meningkatkan hubungan dan kerja sama antar pimpinan dan dosen Fakultas Ushuluddin se-Indonesia.


Lihat juga:

IKLAN
1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button