ADVERTORIAL

Distanbun NTB Dampingi Penerima Manfaat Program SIMURP 2023 di Lombok Tengah

Mataram (NTB Satu) – Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Provinsi NTB melalui UPTD, Balai Pelatihan Pertanian dan Perkebunan NTB selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) dan Penyuluh Bapeltanbun NTB, mendampingi penerima manfaat program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) di Lombok Tengah, Selasa, 13 Juni 2023.

Adapun penerima manfaat dari program SIMURP adalah 144 Kelompok Tani (Poktan) dalam menerapkan teknologi Climate Smart Agriculture (CSA) atau pertanian cerdas iklim.

Dalam pelaksanan program SIMURP Tahun 2023 ini, juga dilaksanakan kursus tani, terkait penerapan teknologi CSA padi pada Poktan inti. Kegiatan ini dilaksanakan di Poktan Bunut Serempek I, Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

Baca Juga:

Kursus tani dilaksanakan sebanyak 4 kali per Poktan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam budidaya padi teknologi CSA.

Peserta kursus tani terdiri dari 25 orang dan fasilitator berasal dari TOT atau penyuluh pendamping SIMURP di desa atau kecamatan. Selain itu, pada kursus tani ini dihadiri oleh penyuluh provinsi dan penyuluh pembina kabupaten.

Adapun materi yang dibahas dalam kursus tani adalah sosialisasi kegiatan SIMURP 2023 dan budidaya tanaman sehat.

Pelaksanaan Kursus Tani di Poktan sebagai tindak lanjut percepatan pelaksanaan kegiatan SIMURP pasca top up.

Untuk diketahui, Kabupaten Lombok Tengah di tahun 2023 menjadi District Project Implementation Unit (DPIU), yakni sebagai pelaksana program SIMURP atau Proyek Modernisasi Irigasi Strategis dan Rehabilitasi Irigasi Mendesak tahun anggaran 2023 di enam BPP.

Progam SIMURP ini difokuskan pada pembangunan pertanian Cerdas Iklim atau Climate Smart Agriculture (CSA). (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button