MXGP

Marshal Korban Ditabrak Crosser MXGP Samota Hanya Luka Ringan

Sumbawa (NTB Satu) – Pada gelaran Motocross Grand Prix (MXGP) di Rocket Motor Circuit Samota, Sumbawa terdapat insiden pembalap kelas MX2, Tom Vialle menabrak seorang marshal yang tengah bertugas. Marshal tersebut dipastikan hanya mengalami luka ringan.

Ketua Harian Persiapan MXGP of Samota, Lalu Herman Mahaputra atau biasa disapa dr. Jack mengatakan, telah mengecek langsung kondisi marshal tersebut. Pihaknya memastikan marshal yang tertabrak pembalap tidak mengalami luka parah.

IKLAN

“Saya sudah cek langsung, semuanya aman. Kalau helikopter belum bergerak, itu artinya aman dan terkendali,” ungkap Herman, ditemui NTB Satu di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Senin, 27 Juni 2022.

Melalui keterangan Herman, Infront dan Federation Internationale Motorcycle (FIM) merespons sangat baik tenaga kesehatan yang disiapkan panitia penyelenggara MXGP Samota. Mereka mengapresiasi seluruh tenaga kesehatan MXGP terkait seluruh fasilitas dan upaya antisipasi kecelakaan yang telah disiapkan.

“Kami mempersiapkan tenaga dan alat kesehatan bukan dadakan. Kami telah banyak berlatih, mulai dari Idemitsu Asian Talent Cup (IATC), World Superbike (WSBK), MotoGP, dan sekarang MXGP,” terang Herman.

Sebelum perhelatan, Herman telah mewanti-wanti seluruh tenaga kesehatan MXGP Samota bahwa balap MXGP berbeda dengan balap MotoGP. MXGP memiliki risiko yang cukup tinggi.

“Tapi, sewaktu kecelakaan kemarin, kami tidak perlu membawa korban ke RS Manambai Sumbawa atau pun RSUD NTB di Lombok,” ujar Herman.

Para pembalap rata-rata mengeluhkan benturan. Namun, hal tersebut masih bersifat lumrah. Pasalnya, para pembalap MXGP tidak berlaga di aspal, melainkan di tanah.

“Kalau dihitung, pembalap MXGP balapan sejauh 30 kilometer dan tidak boleh menutup mata walaupun sebentar. Fokus dan konsentrasi para pembalap harus tinggi,” papar Herman.

Setiap perhelatan balapan, tentu memiliki risiko kecelakaan. Namun, tenaga kesehatan MXGP Samota tetap sigap dalam mengantisipasi kecelakaan.

“Saya sudah cek. Marshal yang ditabrak kemarin tidak mengalami patah tulang serta luka berat lainnya,” tutur Herman.

Seluruh marshal yang tampil di ajang MXGP Samota berasal dari Pulau Sumbawa. Infront telah mengontrak Rocket Motor Circuit Samota selama lima tahun sebagai salah satu tuan rumah perhelatan MXGP.

“Marshal di Pulau Sumbawa dituntut harus terbiasa dan siap dengan balapan serta harus menjadi tuan rumah yang baik,” pungkas Herman. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button