NTB

Gempa Sepekan di NTB Bersumber dari Bima dan Sumbawa

Mataram (NTB Satu) – Rentetan peristiwa gempa di NTB tercatat 506 kejadian selama pekan keempat periode 18 – 25 Februari 2022. Pembangkit gempa didominasi sumbernya Back arc Thrust Utara Bima dan Manggarai, serta Sesar Lokal Sumbawa.

Dalam catatan BMKG Stasiun Geofisika, 506 kejadian itu didominasi dengan Magnitudo kurang dari 3,0 dan kedalaman dangkal atau kurang dari 60 Kilometer.

IKLAN

“Dari 506 kejadian tersebut, terdapat satu kejadian gempabumi yang dirasakan di NTB. Kejadian pada 21 Februari 2022 pukul 20.35 Wita dengan Magnitudo 5.8 dan kedalaman 33 kilometer,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi melalui keterangan tertulis, Jumat 25 Februari 2022.

Analisa gempabumi di wilayah NTB ini dikelompokkan menjadi empat bagian. Yaitu gempabumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian, kedalaman tiap kejadian gempabumi dan dominasi sumber gempabumi.

Terkait informasi kejadian ini masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” kata Ardhianto. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button