NTB

Kerjasama dengan Bappenda NTB dan Kabupaten Dompu Semakin Erat

Dompu (NTB Satu) – Kerjasama dan sinergi antara pemerintah Kabupaten Dompu dengan Bappenda Provinsi NTB semakin terjalin erat. Terungkap Pemerintah Kabupaten Dompu telah menganggarkan penambahan 1 unit mobil samsat keliling serta mendukung peresmian Samsat Desa di Desa Kandini Barat, Kabupaten Dompu, Jumat, 5 Februari 2021.

Rangkaian kabar gembira ini terungkap dalam acara Sosialisasi Roadmap Menuju 1 Juta Objek Pajak Aktif serta penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2021 di Kantor Desa Kandini Barat, Kabupaten Dompu. Peresmian Samsat Desa merupakan bagian dari acara tersebut.

IKLAN

Kerjasama antara Bappenda Provinsi NTB dengan seluruh pemerintah kota dan kabupaten se-NTB memang terus-menerus diupayakan. Hal ini dikarenakan Kabupaten dan Kota se-NTB memiliki hak bagi hasil dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 30 persen. Bagi hasil dimaksudkan sebagai upaya pemerataan pembangunan.

‘’Dari total Rp30 miliar target PKB UPT Bappenda Dompu, 30 persennya akan diterima Kabupaten Dompu,’’ ujar Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si dalam acara tersebut.

Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M.Si hadir pada Peresmian Samsat Desa. (NTB Satu/ist)

Bappenda NTB terus-menerus berkeinginan untuk meluaskan kerjasama yang ada terutama dalam meluaskan pelayanan terhadap sebanyak mungkin wajib pajak terutama dalam upaya mencapai target realisasi 1 juta objek kendaraan bermotor patuh pajak 2021.

‘’Samsat Desa ini kita ingin berlaku di 71 desa di seluruh Kabupaten Dompu. Jadi pegawai UPT Bappenda Dompu itu harus ada di seluruh desa. Inilah yang ingin kita laksanakan di tahun 2021,’’ tegas Iswandi.

Dalam upaya memperkuat kerjasama Pemerintah Kabupaten Dompu dengan Bappenda NTB, Kepala Bappeda Kabupaten Dompu yang mewakili Bupati Dompu dalam peresmian Samsat Desa menyatakan dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Dompu untuk mewujudkan target 1 juta objek kendaraan aktif tahun 2021.

‘’Kehadiran Samsat Desa ini sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Mudah-mudahan kehadiran Samsat di setiap desa bisa kita wujudkan. Sehingga benar-benar target 1 juta wajib pajak bisa terlayani dengan baik,’’ ujarnya.

Penguatan kerjasama tersebut didahului oleh penegasan komitmen internal Bappenda sebagai bentuk matrealisasi semangat mencapai target lewat penandatanganan Surat Perjanjian Kinerja.

Selama empat hari ini, (Rabu 2 Febuari- Sabtu, 6 Febuari 2021), Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi. M.Si bersama unsur pimpinan dan staf, berkeliling ke UPT Bappenda seluruh Pulau Sumbawa. Tujuannya satu, menguatkan semangat melayani dan memberi kinerja terbaik untuk masyarakat NTB.

‘’Saya ingin Dompu harus lebih bersemangat dalam niat untuk membangun kemaslahatan masyarakat kita. Untuk pembangunan daerah kita dan mudah-mudahan dihitung sebagai amal ibadah,’’ ujarnya saat memberikan sambutan.

Selain itu, dalam semangat membangun penguatan kinerja dan kerjasama, Bappenda mengubah strategi di tahun 2021, yaitu peningkatan kepatuhan membayar pajak kendaraan bermotor lebih diutamakan. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung program Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTB mewujudkan target RPJMD 2023 mewujudkan peningkatan kemandirian fiskal NTB menuju indeks fiskal sedang sebesar 0,54. Artinya diharapkan di tahun 2023, besaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai 54 persen dari keseluruhan pendapatan daerah.

‘’Mulai tahun 2021 ini, kita tidak cuma menargetkan jumlah uang tetapi juga jumlah objek dan peningkatan kepatuhan wajib pajak,’’ tegasnya.

Bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dompu ini juga ditopang oleh dukungan masyarakat Dompu. Dalam acara peresmian Unit Layanan Samsat Desa sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi roadmap menuju satu juta objek pajak aktif serta penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan itu, puluhan warga bersama Kepala Desa Kandini Barat, Perwakilan Jasa Raharja, perwakilan manajemen Bank NTB Syariah dan utusan dari Polres Dompu. (r/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button