ADVERTORIALSumbawa

Pjs Bupati Sumbawa Tanam Mangrove di Pelabuhan Teratak, Cegah Abrasi

Lombok Timur (NTBSatu) – Pjs Bupati Sumbawa, Dr. Najamuddin Amy, beserta rombongan melaksanakan penanaman mangrove di Labuhan Teratak, Kecamatan Lape, Kabupaten Sumbawa, pada Sabtu, 19 Oktober 2024.

Dr. Najam mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk upaya nyata melestarikan ekosistem pesisir sekaligus mencegah abrasi pantai.

Aksi penanaman mangrove itu juga melibatkan berbagai elemen masyarakat. Termasuk para guru dan siswa-siswi dari sejumlah sekolah di Labuhan Teratak dan sekitarnya.

“Penanaman ini merupakan upaya pelestarian lingkungan dan upaya preventif. Tujuannya, mengurangi risiko abrasi yang dekat dengan perkampungan nelayan,” kata Dr. Najam.

Adapun para peserta menanam sebanyak 1.000 bibit mangrove pada kegiatan tersebut. “Dan ke depannya akan ditanam lebih banyak lagi,” ucapnya.

Pjs Bupati mengungkapkan, penanaman tersebut akan terus berlanjut di beberapa titik lain di Kabupaten Sumbawa, seperti di Labuhan Sawo, Pulau Kaung, dan Pantai Gelora.

Usai penanaman, Pjs Bupati selanjutnya melakukan peninjauan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuhan Teratak dan Sentra Produksi Garam di Labuhan Kuris.

Peninjauan ini dalam rangka optimalisasi sumber daya pesisir yang berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Lape.

“TPI Labuhan Teratak dan Sentra Produksi Garam Labuhan Kuris merupakan sektor kelautan dan perikanan yang memiliki potensi besar untuk terus kita maksimalkan,” ujarnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button