Lombok Timur

Atasi Kekeringan, Lombok Timur akan Terima Teknologi Modifikasi Cuaca

Lombok Timur (NTBSatu) – Kondisi kekeringan yang kerap melanda Kabupaten Lombok Timur mendapat perhatian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).  Perhatiannya berupa tawaran bantuan distribusi air bersih sebanyak 100 tangki, pembuatan sumur bor hingga bantuan teknologi modifikasi cuaca.

Selain itu, Pemkab Lombok Timur telah terima bantuan dana Rp200 juta dari BNPB pada Selasa, 24 September 2024 lalu. 

Bantuan dana itu, sebagai dukungan operasional penanganan siaga darurat bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan daerah. 

IKLAN

Selain itu, BNPB juga memberikan dana siap pakai berupa dukungan peralatan penanganan siaga darurat bencana, seperti tandon air sebanyak 20 unit, pompa dorong sebanyak 5 unit. Kemudian pompa alkon sebanyak 10 unit, selang pemadam 300 roll, tenda pengungsi sebanyak dua unit, dan satu unit light tower. 

Pada pemberian bantuan itu, Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto menyebut total bencana yang terjadi tahun ini mencapai 1.444 peristiwa. Jumlah tersebut lebih sedikit daripada tahun 2023.

“Kejadian bencana alam yang mendominasi adalah banjir, cuaca ekstrem, tanah longsor, kesehatan, dan kekeringan,” ucapnya. 

Adapun Penjabat Gubernur NTB, Hasanuddin mengaku, wilayah NTB memang masih menjadi langganan kekeringan. 

“Kekeringan dapat menyebabkan masalah pada ketersediaan masyarakat berupa pangan dan kesehatan masyarakat,” ujar Hasanuddin. 

Lebih lanjut, ia menyebut Pemprov NTB telah melakukan koordinasi dengan Pemda Lombok Timur untuk melakukan atensi bersama. Di antaranya melakukan koordinasi dan sinergi antar stakeholder, menguatkan sistem deteksi dan mitigasi dini. 

“Lalu optimalisasi infrastruktur air, penyuluhan dan edukasi masyarakat, pemantauan dan evaluasi berkala, peningkatan ketahanan pangan, dan dukungan dunia usaha,” ucapnya.  (*) 

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button