BERITA LOKALKota MataramPemerintahan

Cetuskan Banyak Inovasi Pelayanan Publik, Kelurahan Pejeruk Ampenan Dinobatkan Sebagai Desa Cantik 2024

Mataram (NTBSatu)Pemerintah Kota Mataram secara resmi menobatkan Kelurahan Pejeruk, Kecamatan Ampenan sebagai Desa Cantik 2024 pada Kamis, 19 September 2024.

Wakil Wali Kota Mataram, TGH Mujiburrahman mengatakan, penetapan Kelurahan Pejeruk sebagai Desa Cantik 2024 berpedoman pada Keputusan Kepala BPS Republik Indonesia Nomor 352 Tahun 2024.

Salah satu keunggulan utama dari kelurahan ini adalah inovasi dalam pengelolaan data melalui platform E-Sampan (Sistem Satu Data Masyarakat Ampenan). Platfrom tersebut menyediakan akses informasi bagi masyarakat, dengan lebih mudah.

“Era digitalisasi membuat masyarakat membutuhkan pelayanan yang serba cepat. Birokrasi lambat dan berbelit-belit sudah tidak relevan lagi dengan era saat ini,” ucap Wakil Wali Kota dalam sambutannya.

Sehingga pada tahun 2022, Pemerintah Kecamatan Ampenan meluncurkan sistem informasi E-Sampan. Sistem ini terkoneksi dengan internet untuk membantu segala keperluan administrasi masyarakat.

“Tak hanya inovasi melalui E-Sampan, Kelurahan Pejeruk juga punya sejumlah prestasi. Tahun 2023, kelurahan ini berhasil meraih Juara 3 sebagai Kelurahan Terbaik di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” jelas Mujiburrahman.

Hal ini yang menandakan Kelurahan Pejeruk telah mampu membangun sistem pemerintahan yang kooperatif dan terintegrasi dengan baik.

Mencermati konteks pembangunan lokal, Mujib menyebut penggunaan data yang akurat menjadi syarat dasar dalam menyusun kebijakan yang tepat sasaran. Serta, program pemerintah yang lebih efektif.

“Contohnya, data kesehatan seperti penanganan stunting melalui Puskesmas setempat. Data kemiskinan, berapa jumlah warga yang menerima BLT juga telah terintegrasi dalam sistem. Ini menunjukkan komitmen kelurahan ini dalam memajukan kualitas pelayanan masyarakat,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button