Kota Mataram

Jelang MotoGP, Kamar Hotel di Mataram Ramai Dipesan

Mataram (NTBSatu) – Menjelang gelaran MotoGP Mandalika 2024, kurang lebih 50 persen kamar hotel yang tergabung dalam Asosiasi Hotel Mataram (AHM) sudah dipesan penonton.

Update sampai tanggal 15 kemarin masih rata-rata di 50 persen yang booking di Mataram,” kata Ketua AHM, I Made Adiyasa Kurniawan kepada NTBSatu, Kamis, 19 September 2024.

Adiyasa tak menampik, harga sewa kamar hotel, khususnya di Mataram mengalami kenaikan. Namun, kenaikan tersebut sesuai instruksi Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 9 Tahun 2022.

Meski begitu, hampir semua hotel yang tergabung dalam AHM dengan jumlah kurang lebih 30 hotel sudah menerima pesanan untuk MotoGP Mandalika 2024.

Dari sejumlah hotel tersebut, ada yang sudah mencapai 90 persen pemesanan kamarnya. Kemudian, sebagian besarnya lagi masih sekitar 50 persen.

“Perbandingan dengan tahun lalu relatif sama jumlah okupansinya. Tahun lalu booking-an tinggi sampai 80-90 persen, tapi cancellation-nya juga tinggi sampai 40-50 persen,” jelas Adiyasa.

Menurutnya, potensi pemesanan kamar hotel periode MotoGP 2024 ini bakal terus mengalami peningkatan. Sebab, penyelenggaraanya masih kurang lebih satu minggu lagi.

Kendati demikian, ia tidak mau terlalu berharap lebih. Pasalnya, penyelenggaraan MotoGP seri tahun ini tidak dalam waktu libur panjang. Di tambah harga akomodasi, seperti transportasi terbilang mahal.

“Karena ini event international tentu kita di hotel berharap banyak penonton dari luar Lombok yang akan hadir. Akses ke Lombok perlu dipermudah dengan harga yang wajar,” ungkapnya.

Gelar Parade

Sebagai informasi, MotoGP Mandalika 2024 akan berlangsung pada 27-29 September 2024. 

Sebelum itu, sejumlah pembalap terlebih dulu melakukan parade MotoGP 2024 pada Rabu, 25 September 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudera mengatakan, ada 12 rider atau pembalap yang akan ikut pawai promosi ajang balapan internasional itu.

Mayoritasnya adalah pembalap utama MotoGP, yakni Marc MarquezJorge MartinPedro Acosta, dan Alex Rins. Hadir pula pembalap kebanggaan tanah air di Honda Team Asia Moto2, Mario Aji.

Selain itu, ada beberapa pembalap kawakan mulai dari Fabio Di GiannantonioRaul FernandezAlex RinsJack Miller. Kemudian, Aleix EspargaroMarco BezzecchiLuca Marini dan Enea Bastianini.

“Acara ini (parade MotoGP 2024, red) akan berlangsung pada Rabu, 25 September 2024 dengan rute dari Taman Sangkareang hingga Teras Udayana Mataram mulai pukul 4 sore,” ujar Cahya, Selasa, 17 September 2024. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button