Lombok Timur

Tinggi Potensi, BRIN Lakukan Riset Rumput Laut di Pesisir Lombok Timur 

Lombok Timur (NTBSatu) – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mulai mencanangkan riset inovasi rumput laut, di pesisir Kabupaten Lombok Timur.

BRIN mulai mencanangkan penelitian tersebut, karena melihat tingginya potensi rumput laut di Kabupaten Lombok Timur. 

“Potensi rumput laut Lombok Timur sangat besar dan (kami) berharap adanya kolaborasi dan komunikasi apa yang menjadi kebutuhan,” kata Plt. Direktur Kemitraan Riset dan Inovasi BRIN, Muhammad Amin, Kamis, 19 September 2024. 

Melalui riset rumput laut ini, pihaknya mengharapkan inovasi yang dihasilkan dapat berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Senada dengan BRIN, Penjabat Bupati Lombok Timur, M. Juaini Taofik, juga mengharapkan inovasi tersebut dapat meningkatkan perekonomian daerah. 

“Kolaborasi strategis ini guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir, salah satunya di Lombok Timur. Kita berharap hal ini dapat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ucap Taofik. 

Sebelumnya, BRIN berkolaborasi dengan Universitas Mataram (Unram) untuk mengembangkan ekonomi masyarakat pesisir Pulau Lombok. 

Kolaborasi tersebut akan berada di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, dan Lombok Tengah dengan fokus utama budidaya rumput laut.

Kerja sama ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, sambil memanfaatkan potensi rumput laut sebagai komoditas bernilai ekonomis tinggi. 

Beberapa aspek yang menjadi fokus utama dalam kolaborasi ini, di antaranya pendampingan UMKM rumput laut, penguatan kelembagaan, dan intervensi teknologi. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button