Kota Mataram

Sambut “Trilogi Event Amazing,” Pengrajin Mutiara: Wadah Memperkenalkan Produk Lokal pada Dunia

Mataram (NTBSatu) – Sebagai rangkaian promosi menjelang MotoGP Mandalika 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram adakan Trilogi Event “Amazing.” Salah satunya yaitu Festival Mutiara atau Mataram Pearl Festival, yang dibuka secara resmi pada Kamis, 13 September 2024, di Taman Sangkareang, Kota Mataram.

Festival Mutiara merupakan salah satu acara untuk menonjolkan kekayaan budaya dan potensi ekonomi lokal, seperti perhiasan mutiara.

Sejumlah kalangan menyambut baik event tersebut, termasuk para pengrajin mutiara. Bagi mereka, hadirnya event ini sebagai wadah memperkenalkan produk lokal secara luas.

Salah satu pengrajin mutiara yang tergabung dalam Asosiasi Pengrajin Mutiara se-Mataram, Yulia Assyifa, mengaku sangat antusias menyambut acara ini. Menurutnya, event ini merupakan kesempatan memperkenalkan produknya.

“Ya, bagus sih menurut saya, jadi kita bisa memperkenalkan produk kita lebih luas, siapa tau ada yang cocok kan, di event selanjutnya mungkin datang lagi nanti,” ujar Yuli.

Yuli yang telah merintis usahanya tersebut selama dua tahun. Pada acara Festival Mutiara tersebut, ia membawa beragam desain perhiasan mutiara, seperti kalung, gelang, dan cincin.

“Perhiasan tersebut saya jual dengan harga mulai dari Rp50.000 hingga Rp3.000.000,” katanya.

Produk-produk tersebut, lanjut Yuli, mencakup jenis Mutiara Laut dan Mutiara Tawar. Untuk membedakannya, bisa melihatnya dari segi warna, bentuk, dan berat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menyampaikan, tujuan dari festival ini untuk mendorong geliat ekonomi kreatif para pengrajin mutiara di Pulau Lombok, khususnya Kota Mataram.

“Untuk itu, kami ingin lebih menggaungkan agar mutiara Mataram mendunia,” ujar Alwan.

Mutiara merupakan komoditas yang melekat dengan identitas Kota Mataram. Hal itu terbukti dengan adanya Tugu Metro di Jalan Lingkar, yang mana pada bagian atasnya terletak ikon Mutiara.

“Kehadiran Festival Mutiara 2024 tidak hanya memberikan peluang bagi para pengrajin mutiara untuk tampil, tetapi membantu memperluas jangkauan produk lokal dalam skala yang lebih besar,” bebernya.

Semarak MotoGP 2024

Sebagai informasi,  Trilogi Event “Amazing” merupakan rangkaian promosi menjelang MotoGP 2024. hal ini untuk menambah semarak pelaksanaan event balapan internasional tersebut.

Sesuai namanya, trilogi event ini menghadirkan tiga event besar. Di antaranya, Festival Mandalika (Road to MotoGP 2024), Festival Mutiara Mataram, dan Festival Film Sangkareang. (*)

Berita ini ditulis oleh Aulya Khaera Ummatin dan Mira Riskiani, peserta Magang Jurnalistik Unram di NTBSatu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button