Olahraga

Rini Kurniati Pertahankan Tradisi Emas NTB di Cabor Kempo saat PON XXI Aceh-Sumut 2024

Mataram (NTBSatu) – Cabang olahraga (cabor) kempo buka kran medali emas perdana, setelah Rini Kurniati tumbangkan lawannya pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Laga tersebut berlangsung di GOR KONI Aceh, Kamis, 19 September 2024.

Medali emas pembuka dari cabor kempo ini diraih oleh Rini Kurniati, di nomor Randori 55-60 kg Putri. Raihan ini sebagai awal yang positif bagi cabor Kempo NTB.

“Ini medali pembuka kita di cabor Kempo. Mudahan hasil ini semakin meningkat di laga selanjutnya,” kata Pelatih Kempo NTB, Sinpei Hadi Gunawan, hari ini.

Perempuan yang biasa disapa Rini ini tampil di ajang PON untuk kedua kalinya. Menariknya, pada penampilan keduanya, Rini berhasil pertahankan tradisi emas.

Jalannya Kompetisi

Sejak babak kualifikasi, ia tampak meyakinkan. Pada partai awal babak kualifikasi, hingga babak semifinal selalu menang. Partai final pun sudah di tangan.

Di partai Final, Rini bertemu dengan atlet asal Riau. Pada laga final ini, pertandingan berlangsung sengit. Lawannya tampak lebih tinggi, sehingga sesekali Rini mencari celah agar poin tetap masuk.

Namun atas perjuangannya yang optimal, Rini mampu menumbangkan musuhnya, setelah juri menyatakan menang poin.

“Alhamdulillah saya masih konsisten, karena bisa pertahankan raihan medali emas di ajang PON,” ucap Rini penuh syukur.

Bagi Rini, pengalaman kedua tampil di ajang PON ini sangat berharga. Apalagi ia sukses pertahankan medali emasnya. Meski lawan-lawannya sudah banyak yang berpengalaman di ajang nasional.

Selain mampu pertahankan medali emas, Rini juga semakin banyak mendapat ilmu.

“Saya bangga bisa pertahankan medali emas PON. Semoga teman-teman atlet lainnya juga bisa pertahankan prestasinya,” harap Rini.

Sebagai informasi, pada cabor kempo, hampir seluruh atletnya tampil prima. Dari 9 nomor yang turun, setidak ada 4 nomor atlet kontingen NTB masuk final. Rinciannya, satu nomor semifinal, tiga nomor masih tahap kualifikasi dan satu nomor raih medali perunggu.  

Penampilan para atlet kempo ini menjadi harapan bagi kontingen NTB. Karena peluang medali emas di cabor kempo cukup banyak dan terbuka lebar. Sehingga cabor yang raih dua emas di PON Papua 2021 lalu ini, harapannya bakal menjadi lumbung emas buat NTB terutama bagi kluster aceh. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button