ADVERTORIALEkonomi BisnisKota Mataram

Festival Mutiara Mataram Didominasi Pembeli dari China dan India

Mataram (NTBSatu) Pemkot Mataram melaksanakan salah satu rangkaian promosi menjelang MotoGP 2024, yakni Festival Mutiara Mataram atau Mataram Pearl Festival pada Jumat, 13 September dan Sabtu, 14 September 2024 di Taman Sangkareang.

Sekretaris Daerah, Lalu Alwan Basri dalam sambutannya mengatakan, festival ini bertujuan mendorong geliat ekonomi kreatif para perajin mutiara di Pulau Lombok, khususnya Kota Mataram.

Alwan mengatakan, mutiara merupakan komoditas yang melekat dengan identitas Kota Mataram. Hal itu terbukti dengan adanya tugu metro di Jalan Lingkar. Di mana pada bagian atasnya terletak icon Mutiara. Kemudian, kehadiran Mataram Craft Centre yang berada di Pagesangan, menjadi tempat para pedagang berjualan. Karena barang berwarna putih itu menjadi salah satu oleh-oleh incaran para tamu yang datang dari luar.

“Untuk itu, Kami ingin lebih menggaungkan agar mutiara Mataram mendunia,” ujar Alwan, Jumat, 13 September 2024.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudera menyebut, beberapa rangkaian kegiatan akan terlaksana selama festival yang berkaitan dengan mutiara. Antara lain, pameran dan bazar, demo produk, talkshow, dan lelang. Kemudian live music, lomba fashion show, dan mataram fashion week.

“Untuk festival ini, ada puluhan perajin mutiara terbaik se-Pulau Lombok yang berpartisipasi,” bebernya.

Adapun jalur utama promosi festival ini menyasar masyarakat lokal maupun internasional. Karenanya, Pemkot mengundang 35 buyer dari luar daerah dan luar negeri, mayoritas dari China dan India, Mereka nantinya akan melaksanakan kontak dagang.

“Ini sudah kali keempat terlaksananya Mataram Pearl Festival . Tahun kemarin, taksiran perputaran uang selama event berlangsung sekitar Rp340 juta. Insyaallah, tahun ini meningkat,” harapnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button