ADVERTORIALPendidikan

KKN Expo Ummat 2024 Hadirkan Teknologi Tepat Guna Buatan Mahasiswa untuk Masyarakat

Mataram (NTBSatu) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM), menggelar kegiatan KKN Expo Ummat 2024, Rabu, 11 September 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Ummat, dengan tajuk “Teknologi Tepat Guna (TTG)”,

Kegiatan tersebut menjadi puncak dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan Ke- XXXVIII, yang menampilkan beragam produk inovatif hasil pengbadian mahasiswa. Kelompok 51 Desa Tamekan, Kabupaten Sumbawa Barat menjadi kelompok terbaik TTG dalam ajang ini.

Ketua LPPM Ummat, Dr. Ibrahim, M.Sc., mengungkapkan kebanggaannya atas terselenggaranya expo ini.

“Expo kali ini tidak hanya sekadar ajang pameran karya, tetapi merupakan hasil dari rangkaian kegiatan panjang yang diawali dengan seminar nasional. Dalam seminar tersebut, kita membahas potensi desa, serta peran mahasiswa KKN dalam mengembangkan teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, KKN Expo Ummat 2024 menjadi bukti nyata mahasiswa dapat memanfaatkan ilmu yang mereka peroleh untuk menciptakan inovasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat desa.

“Kami sangat bangga karena meskipun ini adalah expo pertama yang kami adakan, namun kualitas karya yang ditampilkan sangat luar biasa. Inovasi-inovasi ini tidak hanya berfokus pada teknologi modern, tetapi juga pada pemanfaatan potensi lokal yang masyarakat desa miliki,” tambahnya.

Apresiasi Kampus

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, MA., yang diwakili Wakil Rektor II, Ir. Asmawati, M.P., turut memberikan apresiasi tinggi terhadap gelaran expo ini. Ia menekankan pentingnya memberikan pengakuan atas inovasi mahasiswa yang berpotensi untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKKI).

“Expo ini tidak hanya sekadar ajang apresiasi, tetapi juga dapat menjadi wadah bagi inovasi-inovasi mahasiswa untuk didaftarkan sebagai paten sederhana atau HAKKI. Produk-produk seperti jamu dan briket yang saya lihat tadi memiliki ciri khas yang kuat, sehingga sangat berpotensi untuk dipatenkan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Asmawati berharap expo ini dapat menjadi agenda tahunan Ummat yang terus berkembang.

“Kami berharap expo ini dapat menjadi contoh bagi acara-acara serupa di masa depan. Di mana karya-karya mahasiswa dapat diangkat, dikembangkan, dan diberikan penghargaan yang layak. Inovasi yang dihasilkan mahasiswa sangat berharga, tidak hanya bagi mereka sendiri, tetapi juga bagi pengembangan institusi dan masyarakat luas,” tambahnya.

1 2 3Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button