Pendidikan

Jadi Wakil Tunggal NTB, Mahasiswa Unram Ilham Rahmatullah Raih Medali Perak di IICYMS 2024

Mataram (NTBSatu) – Mahasiswa Universitas Mataram (Unram), Ilham Rahmatullah, berhasil meraih medali perak dalam kompetisi International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) 2024, pada 14 Agustus 2024 lalu.

IICYMS, merupakan salah satu ajang inovasi bergensi yang diselenggarakan Indonesian Young Scientists Association bekerjasama dengan Universitas Komputer Indonesia.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Unram ini, merupakan satu-satunya yang mewakili Unram serta NTB dalam kompetisi yang melibatkan 63 tim dari berbagai negara ini. Di antaranya, Indonesia, Iran, Thailand, Nigeria, dan Malaysia.

Pada ajang ini menghadirkan tim penilai internasional yang sudah terkualifikasi. Salah satunya Prof. Dr. Raldi Hendro T.S. Koestoer, Ph.D., seorang peneliti utama dalam bidang Ilmu Lingkungan di Universitas Indonesia.

Ilham mengatakan, pernah merenung dan merasa gagal karena tidak dapat mencapai apa yang orang lain raih. Ketika ia telah mencapai sesuatu yang berbeda, ia sadar pencapaian orang lain bukan standar keberhasilan yang mengandung keharusan.

Bagi Ilham, memiliki IPK standar, belum pernah berprestasi atau belum mendapat beasiswa mana pun bukan penanda buruknya kualitas diri.

“Dunia memiliki varian jalan yang beragam sehingga jangan pernah menyempitkan hati hanya karena kegagalan di satu jalur,” ungkap Ilham, Rabu, 4 September 2024.

Ia menekankan, pentingnya untuk fokus pada potensi diri sendiri. Sebab, setiap manusia memiliki passion dan kompetensi di bidang masing-masing, dan selama itu baik dan bermanfaat, itu merupakan sebaik-baiknya prestasi.

“Konsisten, kerja keras, dan menyerahkan semua urusan kepada Tuhan adalah kunci untuk menjemput keberhasilan,” tandas Ilham.

Prestasi ini menjadi kebanggaan tidak hanya bagi Ilham pribadi, tetapi juga bagi Unram dan seluruh civitas akademika. Keberhasilannya membuktikan bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, mahasiswa Unram mampu bersaing di kancah internasional dan membawa nama baik universitas di mata dunia. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button