ADVERTORIALPendidikan

Ummat Gelar Pelatihan Service Excellent Guna Tingkatkan Kualitas Layanan dan Profesionalitas Pegawai

Mataram (NTBSatu) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) kembali menggelar kegiatan pelatihan service excellent, peningkatan kinerja pegawai. Kali ini, dengan tajuk ‘Service Excellent menuju Ummat yang Islami, Unggul, dan Berdaya Saing’.

Kegiatan tersebut berlangsung di Jayakarta Hotel selama tiga hari, dari tanggal 25 hingga 27 Juli 2024. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan para pegawai Ummat.

Ketua Panitia, Dr. Sri Rejeki, M.Pd., menyampaikan, bahwa peserta kegiatan ini terdiri dari kepala tata usaha, pegawai bagian keuangan, pegawai bagian unit, dan bagian keuangan yang berjumlah 41 orang. Dengan rincian, pegawai putri 18 orang dan putra 23 orang.

“Harapannya pelatihan ini dapat meningkatkan pelayanan prima kepada civitas akademika, tamu luar, mitra kerja. Serta, mahasiswa agar mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan maksimal,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, pernah mengadakan pelatihan serupa pertama kali pada tahun 2012 di Poltekes Mataram.

“Kami kembangkan lagi pada tahun 2024 ini sebagai tahapan pertama. Harapannya, kegiatan ini akan terus ada secara bertahap agar seluruh staf dan pimpinan mendapatkan pelatihan ini,” harapnya.

“Service excellent ini akan memberikan dampak positif kepada seluruh pelanggan dan memberikan feedback yang konstruktif kepada Ummat,” tambahnya.

Materi Pelatihan Service Excellent

pegawai universitas muhammadiyah mataram
Pegawai Ummat mengikuti kegiatan pelatihan service excellent di Jayakarta Hotel selama tiga hari. Foto: Dok Humas Ummat

Adapaun narasumber dalam pelatihan ini, berasal dari tim internal dan eksternal, termasuk Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI). Kemudian, tim service excellent dari NTB Syariah, dan RSJ Mutiara Sukma.

Salah satu materi penting yang disampaikan adalah mengenai pengelolaan komunikasi dan pengelolaan diri. Materi ini dibawakan oleh ahli kompeten di bidangnya.

Doktor Sri Rejeki menutup hari pertama pelatihan dengan memberi pesan motivasi kepada seluruh peserta.

“Ingatlah bahwa pelayanan yang terberi mencerminkan nilai-nilai universitas. Mari, bersama-sama mewujudkan Ummat yang Islami, unggul, dan berdaya saing melalui pelayanan prima,” tutupnya.

Rektor Tekankan Pentingnya Pelayanan

Pelatihan service excellent ummat
Rektor Ummat, Abdul Wahab (ketiga dari kiri) dan Ketua BPH, Gullam Abbas (kedua dari kiri) dalam kegiatan pembukaan pelatihan service excellent bagi pegawai Ummat. Foto: Dok Humas Ummat

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, MA., menyatakan, bahwa pelatihan ini sangat penting untuk menghadapi kendala dalam pelayanan yang masih belum sesuai dengan standar yang ada.

“Masih banyak staf baru yang belum mendapatkan pelatihan. Dengan adanya pelatihan ini, harapannya dapat terwujud pelayanan yang seragam sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Sehingga, kualitas pelayanan bisa mencapai 100 persen, seperti pelayanan di bank,” ungkapnya.

Rektor menambahkan, akan ada evaluasi untuk menilai hasil akhir dari pelatihan ini.

“Mudah-mudahan acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala,” tuturnya.

Ketua BPH, Drs. H. Gulam Abbas, M.Si., menyampaikan, dalam dunia pendidikan, service excellent memiliki aspek moral yang lebih tinggi daripada dengan dunia usaha.

“Service excellent di dunia pendidikan berarti memberikan layanan yang lebih tinggi dan utama kepada pelanggan. Serta, mencoba mengimbangi pelayanan di dunia usaha. Excellent artinya yang terbaik, yang utama,” terangnya.

Dengan adanya pelatihan ini, harapannya seluruh pegawai Ummat dapat memberikan layanan yang semakin berkualitas, profesional, dan Islami, sesuai dengan visi dan misi universitas. Pelatihan ini juga menjadi langkah konkret Ummat dalam mencapai tujuan untuk menjadi universitas yang unggul dan berdaya saing. Tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional.

Acara ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pelayanan di Ummat. Serta, menjadi inspirasi bagi universitas-universitas lain untuk mengadopsi praktik-praktik terbaik dalam service excellent.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button