BERITA NASIONAL

Dampak Ekonomi MotoGP Mandalika 2024 Ditarget Rp4 Triliun

Mataram (NTBSatu) – Balap motor kelas dunia MotoGP 2024 bakal digelar di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah Provinsi NTB pada September mendatang.

“Gelaran ini diharapkan bisa menciptakan perputaran ekonomi di seluruh Indonesia sebesar Rp4 triliun,” ujar Direktur Utama PT ITDC, Ari Respati.

“Selain itu juga bisa memberikan dampak hampir Rp600 miliar di daerah,” ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 28 Juni 2024 dikutip IDX Channel.com

Hal itu pun diamini Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, yang mana dikatakan bahwa Mandalika saat ini memang telah dibanjiri turis baik lokal maupun mancanegara. Menurutnya, kehadiran event di sirkuit Mandalika memberikan efek yang positif bagi perekonomian.

Dampak Ekonomi Bagi Daerah

MotoGP Mandalika 2023. Sumber: Pemprov NTB

“Tapi memang kalau melihat Mandalika sekarang sudah mulai dibanjiri turis. Jadi penerbangan dari luar negeri cukup banyak dan restoran di sekitar Mandalika sudah banyak turis. Inilah yang selalu diimpikan Presiden kita, bagaimana ada destinasi wisata baru selain Bali,” kata Erick dilansir BUMN.go.id.

Erick mengatakan dengan tambahan destinasi wisata Mandalika, dapat menambah jumlah wisatawan yang berkunjung di Indonesia. Ia menilai bahwa Indonesia harus bisa bersaing dengan negara-negara tetangga dalam sektor pariwisata.

“Kalau kita misal hari ini punya Bali 11 juta wisatawan, kita harapkan dengan tambahan Mandalika, Labuan Bajo, kalau Thailand dan Malaysia bisa 30 juta. Makanya BUMN hadir sebagai agen perubahan,” ujarnya. (ADH)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button