Daerah NTBKota MataramPolitik

Bertemu Masyarakat Akar Rumput, Lalu Iqbal Naikkan Elektabilitas

Mataram (NTBSatu) – Bakal Calon Gubernur NTB, Lalu Muhamad Iqbal berkomitmen untuk memperbanyak bertemu masyarakat akar rumput. Sebab, selama ini, masyarakat akar rumput belum terlalu mengenal sosok dan kiprah Lalu Iqbal.

Dalam sebuah kesempatan, Lalu Iqbal mengatakan, telah bertemu dengan beberapa golongan masyarakat elit. Maka, ia merasa harus memperbanyak bertemu dengan masyarakat akar rumput.

Lalu Iqbal menilai, memperbanyak pertemuan dengan masyarakat akar rumput sebagai hal yang wajar. Sebab, ia memang belum pernah berkiprah di NTB.

Saat ini, ia memiliki popularitas yang relatif rendah di kalangan masyarakat akar rumput. Oleh karena itu, ia akan meningkatkan jumlah pertemuan dengan segenap masyarakat akar rumput.

Setelah berkunjung, Lalu Iqbal mendapatkan pesan dari masyarakat akar rumput untuk selalu mengingat mereka saat menjabat gubernur nanti.

“Masyarakat meminta kepada saya untuk tidak melupakan mereka,” ungkap Lalu Iqbal, Jumat, 21 Juni 2024.

Lalu Iqbal menyebutkan, permintaan itu sebagai hal yang wajar. Sebab, ia kerap melihat seorang calon pemimpin sering kali melupakan masyarakat, terutama ketika telah berhasil memenangkan Pilkada.

Selain itu, masyarakat menitipkan pesan agar Lalu Iqbal selalu menyempatkan diri mengunjungi mereka saat sudah menduduki kursi gubernur nantinya.

Baca juga: Lalu Iqbal: Menjadi Gubernur Itu Pilihan

Lebih lanjut, Lalu Iqbal menjelaskan, NTB memiliki sekitar 1.200 desa. Maka, apabila Lalu Iqbal mengunjugi seluruh desa setiap hari, akan membutuhkan waktu selama empat tahun lebih.

Oleh karena itu, Lalu Iqbal berpendapat, raga seorang pemimpin tidak perlu selalu kembali ke desa.

“Namun, pemimpin harus memberikan manfaat yang akan tersalurkan ke masing-masing desa,” jelas Lalu Iqbal.

Memperbanyak Bertemu Masyarakat Akar Rumput, Komitmen Atasi Kemiskinan Ekstrem

Lalu Iqbal kerap menemui permasalahan kemiskinan ekstrem kala mengunjungi masyarakat. Dari pertemuan itu, ia menyimpulkan, NTB mempunyai dua tipe pengangguran, yaitu pengangguran absolut dan pengangguran paruh waktu.

Menurut Lalu Iqbal, NTB memiliki tantangan yang cukup banyak. Maka, ia berkomitmen untuk menuntaskan tantangan-tantangan itu.

Lalu Iqbal saat kunjungi masyarakat akar rumput

Lalu Muhamad Iqbal saat duduk bersama masyarakat akar rumput

Untuk menuntaskan tantangan itu, Lalu Iqbal akan lebih banyak mengoptimalkan SMK. Ia melihat ada beberapa SMK yang belum memiliki instruktur dan alat kerja yang kompeten serta tidak tersertifikasi.

Ia menilai, wajar jika terdapat berbagai lulusan SMK yang menganggur. Ada banyak orang yang memiliki kompetensi mumpuni.

Hanya saja, ada sedikit orang yang memiliki sertifikasi mumpuni. Terlebih, saat ini, pihak internasional membutuhkan tenaga kerja dengan jumlah yang tinggi.

Penduduk Indonesia masih sulit memenuhi kuota kebutuhan tenaga kerja yang tinggi. Sebab, ada sedikit tenaga kerja yang tersertifikasi.

“Kami akan merevitalisasi seluruh SMK agar menjadi unggul, tersertifikasi, dan memiliki segmentasinya masing-masing,” terang Lalu Iqbal.

Lalu Iqbal akan merevitalisasi SMK agar sesuai dengan kebutuhan dari pihak internasional. Sehingga, tenaga kerja di NTB dapat lebih berdaya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button