ADVERTORIAL

Ribuan Lampion Diterbangkan Hiasi Malam Iduladha 1445 H di Selagalas

Mataram (NTBSatu) – Sebanyak 1.200 lampion diterbangkan hiasi langit Selagalas, Kota Mataram, pada malam Iduladha 1445 H, Senin, 17 Juni 2024. Pelaksanannya berlangsung di Lapangan Selagalas oleh Karang Taruna setempat bersama ribuan warga.

Kegiatan ini merupakan rangkaian penutup dari berbagai lomba semarak perayaan Iduladha di Selagalas. Mulai dari lomba mewarnai hingga gema pawai takbir pada malam sebelumnya.

Ribuan Warga Terbangkan Lampion

Berdasarkan pantauan NTBSatu tadi malam, ribuan warga telah memadati lokasi kegiatan sejak pukul 19.00 Wita. Semakin malam, warga terus-menerus berdatangan dengan antusias.

Sebelum penerbangan lampion, pihak panitia dalam hal ini Karang Taruna Selagalas menyajikan hiburan musik kepada warga. Termasuk, memberikan hadiah kepada para pemenang lomba dan pembagian doorprize atau karcis berhadiah.

Penerbangan lampion pun dilakukan sekitar pukul 22.15 Wita. Tampak, ribuan warga secara serentak melepaskan lampionnya. Gemerlap lampion yang terbang, membuat langit pada kemarin malam terasa indah.

Hadir dalam kegiatan ini, Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana yang diwakili Camat Sandubaya, Henny Suyasih; Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudra, Anggota DPRD Kota Mataram, Ali Aswandi; Lurah Selagalas beserta para kepala lingkungan.

Apresiasi Wali Kota Mataram

Wali Kota Mataram, Mohan Roliskana yang diwakili Camat Sandubaya, Henny Suyasih memberikan apresiasi kepada Karang Taruna Selagalas yang telah mengadakan festival ini. Karena, dapat menjadi contoh nyata pemuda dalam berkontribusi positif bagi masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif dan kerja keras karang taruna dalam penyelenggaraan acara ini. Semangat untuk kalian,” kata Henny membacakan sambutan Wali Kota Mataram.

Menurut Mohan, festival lampion Iduladha merupakan sebuah wadah yang tepat bagi para pemuda untuk menunjukkan bakat dan kreativitasnya. Kreativitas yang ditumbuhkan tersebut, menjadi cerminan bahwa generasi muda Kota Mataram memiliki potensi besar.

“Dalam konteks Iduladha, pengorbanan dan keikhlasan bukan hanya sebatas ritual keagamaan saja. Namun, dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-sehari untuk anak-anak muda, seperti harus berani mengorbankan waktu, tenaga, pikiran demi mencapai tujuan yang lebih besar dan bermanfaat bagi orang banyak,” tambahnya.

Festival Lampion Masuk Calender of Event

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudra memastikan, Festival Lampion Selagalas akan masuk calender of event Kota Mataram tahun 2025.

Suasana ribuan warga hadiri Festival Lampion di Lapangan Selagalas, Senin malam, 17 Juni 2024. Foto: Zhafran Zibral

“Saya kira ini satu-satunya festival lampion di NTB. Sehingga, InsyaAllah tahun depan akan masuk dalam calender of event Kota Mataram,” ungkapnya.

Masuknya Festival Lampion Selagalas tahun depan, akan membuat kegiatan pariwisata di Kota Mataram semakin ramai. Sehingga, dapat berimplikasi pada peningkatan ekonomi masyarakat.

“Adanya kegiatan ini membuat ekonomi bergerak, UMKM menjadi hidup, serta masyarakat dapat manfaatnya,” tutur Cahya. (JEF/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button