Pendidikan

Peserta UTBK-SNBT 2024 di Unram yang Dinyatakan Gugur Bertambah

Mataram (NTBSatu) – Jumlah peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2024 di Universitas Mataram (Unram), yang dinyatakan gugur bertambah. Awalnya, sebanyak 392 peserta dan kini menjadi 693 orang.

Gugurnya para peserta UTBK-SNBT 2024 ini disebabkan ketidakhadiran mereka saat pelaksanaan ujian berlangsung.

“Dari 12.209 orang yang mendaftar sebagai peserta UTBK-SNBT di Unram, hanya 11.516 yang hadir mengikuti ujian gelombang I maupun gelombang II. Sisanya, 693 peserta dinyatakan gugur karena tidak hadir pada saat ujian,” jelas Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si., dikutip melalui keterangan resminya, Jumat, 31 Mei 2024.

Adapun rincian peserta yang mengikuti pelaksanaan UTBK-SNBT di Unram tahun ini, pada gelombang I sebanyak 6.415 dari 6.807 orang hadir untuk mengikuti ujian. Sebanyak 392 peserta lainnya dinyatakan gugur.

Sementara pada UTBK gelombang II, 5.101 dari 5.402 yang mendaftar sebagai peserta hadir mengikuti ujian. Sisanya, 301 orang tidak hadir dan dinyatakan gugur.

Bagi peserta yang tidak dinyatakan gugur, hasil ujiannya akan diumumkan tanggal 13 Juni 2024. Pengumumannya akan melalui tautan (link) khusus masing-masing universitas.

“Pengumuman hasil UTBK-SNBT Tahun 2024 dapat diakses pada hari Kamis, 13 Juni 2024 pukul 15.00 WIB. Nanti akan ada tautan (link) khusus untuk mengaksesnya,” kata Hilyana.

Berita Terkini:

Ia berharap, seluruh usaha yang telah dilakukan peserta UTBK-SNBT tahun ini dapat terjawab dengan hasil terbaik.

“Semoga seluruh usaha yang telah dilakukan hingga menyelesaikan proses pendaftaran akan terjawab dengan hasil yang terbaik. Persiapkan diri untuk menyambut hasil apapun yang diterima nanti,” harap Guru Besar Ilmu Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Fakultas Pertanian Unram ini.

Selanjutnya, jika telah diumumkan, seluruh peserta bisa mengunduh sertifikat untuk melihat nilai UTBK-SNBT masing-masing.

“Sertifikat ini penting untuk diunduh bagi peserta yang lolos, karena berguna sebagai dokumen untuk melakukan daftar ulang di perguruan tinggi negeri,” ujar Hilyana.

Sementara peserta yang belum lolos, dapat menggunakan dokumen ini untuk mendaftar seleksi mandiri yang mensyaratkan nilai UTBK. Termasuk, untuk mendaftar di sekolah kedinasan.

“Adapun masa unduh atau download sertifikat UTBK berlangsung mulai 17 Juni 2024 dan akan ditutup pada 31 Juli 2024 pukul 15.00 WIB,” tandas Hilyana. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button