BERITA NASIONAL

Empat Pasangan Jurnalis Bersaing Jadi Ketua dan Sekjen AJI Indonesia 2024-2027

Mataram (NTBSatu) – Panitia Pemilu Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia 2024 telah menetapkan empat pasangan yang akan bersaing menjadi calon Ketua dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AJI Indonesia 2024-2027.

Penetapan digelar Sabtu, 20 April 2024 secara hybrid. Secara luring di Kantor AJI Indonesia, Kwitang, Jakarta dan daring melalui aplikasi Zoom serta disiarkan di akun Youtube AJI Indonesia.

Pada kesempatan itu, ditetapkan juga nomor urut bagi keempat pasangan calon yang dipandu oleh Sekretaris Panitia Pemilu AJI 2024, Luviana. Berikut nomor urut keempat pasangan calon:

  1. Nany Afrida & Bayu Wardhana sebagai pasangan calon Ketua Umum dan Sekjen AJI Indonesia
  2. Aloysius Budi Kurniawan & Iman Dwianto Nugroho sebagai pasangan calon Ketua Umum dan Sekjen AJI Indoneisa
  3. Ika Ningtyas Unggraini & Laban Abraham Laisila sebagai pasangan calon Ketua Umum dan Sekjend AJI Indonesia
  4. Edy Can & Asep Saefullah sebagai pasangan calon Ketua Umum dan Sekjen AJI Indonesia

Ketua AJI Indonesia, Sasmito Madrim dalam sambutannya mengatakan, Pemilu AJI 2024 ini merupakan sejarah baru bagi AJI Indonesia. Sebab, pertama kalinya calon Ketua dan Sekjend AJI Indonesia akan dipilih oleh anggota AJI secara langsung, walaupun dengan sistem elektoral.

“Kita membuat sejarah baru bagi AJI, tentu dengan sejarah baru ini kita juga berharap yang terbaik bagi AJI,” ungkapnya.

Tak hanya dari segi pelaksanaan Pemilu tahun ini yang dianggap sebagai sejarah, menurutnya, jumlah kandidat yang turut berpartisipasi juga menjadi sejarah di AJI.

“Ini sejarah ada empat pasangan kandidat. Artinya kalau melihat situasi hari ini demokrasi sedang menurun, sepertinya banyak anggota AJI merasa terpanggil berjuang di kepengurusan nasional berikutnya,” ujar Sasmito.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota AJI yang telah terlibat sejak awal dalam penyelenggaran Pemilu AJI 2024.

“Terima kasih kepada seluruh kawan-kawan yang sudah dari awal terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu AJI tahun ini. Tentu kita berharap Pemilu dan Kongres tahun ini berlangsung dengan baik, riang gembira, dan memberikan yang terbaik bagi kita semua,” harap Sasmito.

Berikut ulasan profil keempat pasangan calon Ketua dan Sekjen AJI Indonesia 2024-2027:

Pada nomor urut 1, calon Ketua Umum Nany Afrida saat ini adalah Pemimpin Redaksi independen.id, sekaligus Ketua Bidang Gender, Anak, dan Kelompok Marjinal AJI Indonesia periode 2021-2024. Sedangkan calon Sekjen Bayu Wardhana bekerja di rri.co.id sebagai Redaktur, yang juga Ketua Bidang Data dan Informasi AJI Indonesia.

Sementara pada nomor urut 2, calon Ketua Umum Aloysius Budi Kurniawan yang akrab dipanggil Wawan ABK bekerja di Harian Kompas sebagai Redaktur. Sedangkan calon Sekjen Iman Dwianto Nugroho bekerja di CNN TV sebagai Editor.

Pada nomor urut 3, calon Ketua Umum Ika Ningtyas Unggraini adalah Fact Checker atau Pemeriksa Fakta Tempo, dan kini masih menjabat Sekjen AJI Indonesia periode 2021-2024. Adapun calon Sekjen Laban Abraham Laisila akrab disapa Nyonyo bekerja di Narasi TV sebagai Kepala Newsroom, yang juga Ketua Bidang Dana dan Usaha AJI Indonesia.

Terakhir, nomor urut 4, calon Ketua Umum Edy Can saat ini bekerja di CNN TV sebagai Manajer Produksi Berita, dan juga Ketua Bidang Pendidikan, Etik, dan Profesi AJI Indonesia periode 2021-2024. Adapun calon Sekjen Asep Saefullah adalah Pemimpin Redaksi ekuatorial.com. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button