BERITA LOKALKota Mataram

Saat Libur Panjang Lebaran, Pelayanan IGD Tetap Buka 24 Jam

Mataram (NTBSatu) – Jelang libur lebaran Idulfitri tahun ini, beberapa pelayanan kesehatan di Kota Mataram dipastikan akan buka 24 jam.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Mataram, Emirald Isfihan. Ia memastikan jam kerja tenaga kesehatan akan diatur agar tetap memberikan pelayanan.

“Manajemen di puskesmas atau di rumah sakit akan libur mengikuti jadwal yang ditetapkan oleh pemerintah, akan tetapi pelayanan instalasi gawat darurat (IGD) tetap buka 24 jam,” katanya

Pengalaman tahun sebelumnya, pasien tidak bisa diperkirakan akan banyak yang dirawat saat libur lebaran. Berdasarkan kasus sebelumnya, dapat diperhitungkan tenaga kesehatan yang akan piket dan lain sebagainya.

“Dokter tidak harus standby, tetapi kalau dihubungi dan urgent untuk ke RS harus sigap” jelasnya.

Berita Terkini:

Secara terpisah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram, Lalu Martawang menegaskan, pelayanan kesehatan di rumah sakit maupun puskesmas tidak boleh libur.

“Tenaga kesehatan harus tetap ada 24 jam, dengan berbagi sif sehingga pelayanan masyarakat saat libur lebaran tetap ada,” ujarnya.

Martawang juga mengatakan ada posko pemantauan dan pengamanan mudik lebaran sifatnya tentatif. Organisasi perangkat daerah (OPD) teknis, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Mataram akan mengatur penjadwalan atau sistem piket petugas kesehatan yang membantu di posko tersebut. (WIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button