BERITA NASIONALPolitik

Caleg DPR RI Dapil NTT 2 Peraih Suara Terbanyak dari Nasdem Mundur, Ini Alasannya

Mataram (NTBSatu) – Salah satu calon legislatif (caleg) dari partai NasDem, Ratu Ngadu Bonu Wulla dikabarkan mengundurkan diri setelah maju menjadi calon anggota DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Nusa Tenggara Timur II.

Dilansir dari Liputan 6, Ratu Wulla telah mengajukan surat pengunduran diri kemudian disampaikan oleh saksi dari Partai NasDem kepada anggota KPU RI August Mellaz.

Mellaz menerima surat tersebut saat memimpin Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Nasional untuk Dapil II NTT.

IKLAN

“Surat tersebut ditujukan untuk ketua KPU Hasyim Asy’ari, kemudian kami akan kaji, tetapi tidak dalam rangka mengubah posisi pleno rekap kan, di situ,” kata Mellaz, Rabu 12 Maret 2024.

Mellaz juga mengatakan bahwa surat pengunduran diri tersebut tidak ada kaitannya dengan proses rekapitulasi nasional saat ini. Pasalnya, tugas dari rekapitulasi nasional hanya untuk membacakan formulir hasil rekapitulasi provinsi.

Berita Terkini:

“Kami menghitung itu semua. Jadi, tidak ada kaitanya dengan ada surat pengunduran diri atau tidak,” tuturnya.

Pihak saksi dari Partai NasDem menjelaskan bahwa surat pengunduran diri tersebut merupakan surat dari Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Ia juga menyebutkan bahwa surat pengunduran diri tersebut milik caleg nomor urut 5 di NTT II, Ratu Wulla.

“Saya ingin menyampaikan ada surat dari Ketua Umum Partai NasDem kepada KPU dan juga nanti ditembuskan kepada Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) RI terkait dengan pengunduran diri calon anggota legislatif nomor urut 5 di NTT II,” kata saksi.

Selain itu, Partai NasDem mengatakan bahwa alasan pengunduran diri Ratu Wulla sesuai dengan keputusannya pribadi, kemudian surat tersebut disampaikan ke KPU RI.

“Alasan pengunduran diri sesuai dengan kehendak yang bersangkutan dan di atas meterai. Dan untuk itu karena suratnya ke KPU RI, saya tidak berhak untuk membacakan, dan lampirannya juga ada di dalamnya. Dengan demikian, perlu kami sampaikan dalam forum terbuka ini bahwa calon anggota legislatif Partai NasDem nomor urut 5 Dapil NTT II menyatakan mengundurkan diri,” ujarnya.

Sebagai informasi berdasarkan rekapitulasi sah dari KPU RI, Ratu Nadu Bonu Wulla meraih suara tinggi sekitar 76.331 suara. Ratu memperoleh suara terbanyak sehingga unggul dari enam calon lainnya dari Partai NasDem di Dapil NTT II.

Diketahui posisi kedua ditempati oleh caleg nomor urut 1 yaitu Gubernur NTT periode 2018-2023 Victor Bungtilu Laiskodat yang memperoleh 65.359 suara. (WIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button