PendidikanSejarah dan Budaya

Gilang Sakti Ramadhan Gelar Tur Buku Puisi “Amerikano” di 10 Titik di Pulau Lombok

Mataram (NTBSatu) – Wartawan, Penyair, dan Aktor, Gilang Sakti Ramadhan telah merilis buku puisinya bertajuk Amerikano yang diterbitkan Komunitas Akarpohon Mataram pada 16-17 Februari 2024. Komunitas Akarpohon Mataram menerbitkan buku puisi Amerikano bersama tujuh judul buku lain.

Setelah merilis buku puisi Amerikano, Gilang menginisiasi Tur Kafe Amerikano yang akan digelar di 10 titik pada lima kabupaten/kota di Lombok.

Gilang mengutarakan, bahwa manajemen sastra di Lombok tidak cukup baik. Hal itu dapat dilihat dari sastra di Lombok masih diurus oleh penulis yang tergabung dalam suatu komunitas, bukan lembaga pemerintah.

Oleh karena itu, Gilang menginisiasi Tur Kafe Amerikano dengan tujuan untuk menciptakan manajemen sastra yang lebih baik di Lombok.

“Tidak seperti manajemen dalam industri musik yang mulai membaik, manajemen dalam industri sastra tidak pernah cukup baik di Lombok. Maka, bersama dengan bantuan sejumlah kawan, termasuk Komunitas Akarpohon Mataram, saya membuat Tur Kafe Amerikano dengan tujuan mendekatkan sastra ke masyarakat yang lebih luas, sehingga sastra makin populer dan tidak lagi menjadi eksklusif, tanpa harus mengurangi kualitasnya,” ungkapnya, Rabu, 28 Februari 2024.

Berita Terkini:

Tur Kafe Amerikano akan dilaksanakan dalam rentang waktu Februari hingga Mei 2024. Tur Kafe Amerikano hadir dengan format percakapan bersama antara penulis buku, pembahas, moderator, dan penampil.

Gilang menerangkan, bahwa pemilihan kafe sebagai lokasi Tur Kafe Amerikano bertujuan untuk menjaring orang-orang yang masih asing dengan sastra. Dirinya menyebutkan bahwa kafe adalah satu lokasi yang di mana segala jenis dan kelas masyarakat berkumpul untuk sekadar minum kopi dan bercakap-cakap.

IKLAN
1 2 3Laman berikutnya
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button