Daerah NTB

WSBK Resmi Dihapus, Kadispar NTB Sebut Bisa Berpengaruh Terhadap Kunjungan Wisatawan

Mataram (NTBSatu) – Dorna Sports sebagai pemegang lisensi penyelenggara ajang World Superbike (WSBK) telah meliris kalender resmi MOTUL FIM Superbike World Championship, pada 17 Januari 2024 kemarin.

Sama dengan kalender sementara yang dirilis sebelumnya, nama Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB tidak masuk dalam daftar penyelenggara event WSBK.

Berdasarkan kalender event terbaru itu, gelaran WSBK tahun depan dilaksanakan di 9 negara, dengan 12 seri balapan.

Adapun seri perdana akan digelar di Sirkuit Philip Island, Australia pada 23 – 25 Februari 2024 mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Jamaluddin Malady mengatakan, penyelenggaraan WSBK seluruhnya diatur oleh Pemerintah Pusat. Sehingga, Pemerintah Daerah (Pemda) hanya bisa menerima.

Termasuk hosting fee penyelenggaraannya itu di bawah tanggungjawab Kementerian BUMN, Menko Marves, dan Kemenparekraf.

“Tapi, mudah-mudahan ada cahaya di ujung terowongan, tau-tau nanti WSBK nya di atas bulan September,” ujar Jamaluddin, pada Selasa, 30 Januari 2024.

Baca Juga: Pengamat Sebut Politik Uang Masih Tumbuh Subur dan Sulit Dibendung

Dihapusnya WSBK dari kalender event tahun 2024, cukup memberi pengaruh terhadap angka kunjungan wisata di NTB.

Mengingat, pada penyelenggaraan tahun 2023 kemarin, jumlah penonton yang hadir menyaksikan event tersebut sekitar 59 ribu orang. Angka tersebut mengalahkan jumlah penonton WSBK Inggris.

“Lumayan kan kemarin penonton WSBK yang datang, hampir 59 ribu, termasuk 30 persen dari luar. Tapi mudah-mudahan dengan tidak adanya WSBK kita sama-sama berusaha supaya 2024 ini target kunjungan wisatawan 2,5 juta bisa terpenuhi,” harapnya.

Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2023 itu menyampaikan, meski WSBK dihapus, NTB sudah banyak dilirik oleh Event Organizer (EO) ternama dalam menyelenggarakan event.

Sebut saja event pengganti WSBK yang digunakan untuk menggaet wisatawan, seperti L’ Etape, kemudian ada Rinjani 100 dan event-event lainnya.

“Ini yang terus kita lakukan, mengundang EO yang ada di seluruh Nusantara untuk membuat event MICE di NTB kami siapkan tempat dengan keindahan destinasi yang luar biasa,” tutupnya. (MYM)

Baca Juga: BMKG: Peluang Curah Hujan Tinggi 10 Hari ke Depan Hanya di Wilayah Tambora

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button