Lombok Timur

Dana Desa Lombok Timur Naik di 2024, Cek Besarannya

Selong (NTBSatu) – Pada 2024, Dana Desa Kabupaten Lombok Timur (Lotim) meningkat dari tahun sebelumnya. Jumlah totalnya mencapai Rp281 miliar lebih. Sedangkan pada 2023, jumlah dana Lombok Timur sebesar Rp277 miliar lebih.

“Ada peningkatan jumlah dana desa yang kita dapatkan. Peningkatan dana desa ini tentunya kami harapkan bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin dalam upaya menyelesaikan berbagai persoalan yang ada di masing-masing desa,” kataKepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lombok Timur, Salmun Rahman, Selasa, 2 Januari 2024.

Ia menjelaskan, penggunaan dana desa tersebut sudah jelas regulasinya, yaitu untuk merampungkan program-program prioritas.

Program prioritas itu berupa penangan kemiskinan ekstrem, stunting, ketahanan pangan, dan sejumlah program lainnya. Ia juga mengingatkan agar persentase penggunaannya harus disesuaikan dengan APBDes.

Melalui peningkatan dana desa tersebut, lanjut Salmun, diharapkan desa bisa lebih kreatif dan inovatif dalam meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADEs). Salah satunya dengan memajukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk mendorong perekonomian masyarakat desa.

Berita Terkini:

Menurutnya, selama dana desa digunakan secara benar, terutama untuk program-program prioritas, diyakini desa-desa akan semakin maju dan perekonomian masyarakat akan semakin membaik.

Misalnya pada program ketahanan pangan, dana desa bisa digunakan untuk membangun infrastruktur jalan tani. Intinya adalah bagaimana mendorong dan meningkatkan sektor perekonomian masyarakat. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button