ADVERTORIAL

Bappeda NTB Gelar RPJPD Tahun 2025-2045

Mataram (NTBSatu) – Kepala Bidang Perekonomian dan SDA Bappeda NTB, Iskandar Zulkarnain, ST., M.Si., memimpin Rapat Identifikasi Data Sektoral Untuk Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045, bersama BRIDA NTB. Kegiatan berlangsung di ruang rapat Bappeda NTB, Senin, 18 Desember 2023.

Rapat itu membahas bahan-bahan kajian yang perlu dipersiapkan dalam penyusunan RPJPD.

“Kami harus mengkaji evaluasi RPJPD dan RPJMD. Kemudian RTRW, prediksi penduduk, evaluasi SDG’s, evaluasi kebijakan pembangunan, dan penyelarasan RPJPD Provinsi dengan RPJPD Nasional,” ungkap Iskandar, Senin, 18 November 2023.

Sebelumnya, Kepala Bappeda NTB Dr. Ir H. Iswandi M.Si., mengatakan, dokumen RPJPD akan memayungi ide serta inisiatif-inisiatif bagi calon kepala daerah di dalam kampanye Pilkada 2024.

“Karena itulah mulai dari sekarang RPJPN harus selaras dengan RPJPD provinsi dan kabupaten serta kota,” ungkap Iswandi.

Iswandi mengatakan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan para pakar dan akademisi untuk keperluan analisa cara mempersiapkan dokumen perencanaan pembangunan dalam 20 tahun ke depan.

Secara umum, ada dua dokumen perencanaan yang akan disusun, yaitu RPJPD 2025 – 2045 serta dokumen RPJMD 2025 2029.

“Dalam penyusunan dokumen perencanaan, antara Pemprov NTB dan seluruh kabupaten serta kota harus bejalan secara bersama-sama. Penyusunan RPJMD ini harus selesai dulu dokumen rancangan awal dari RPJPD provinsi dan kabupaten serta kota,” pungkas Iswandi. (GSR/r)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button