Pariwisata

Lalu Iqbal Tekankan Sektor Pariwisata NTB Pada Perbaikan Customer Behavior

Mataram (NTBSatu) – Dr Lalu Muhammad Iqbal berbicara mengenai potensi pariwisata di NTB. Menurutnya, pariwisata di NTB harus menekankan pada perbaikan Customer Behavior atau perilaku konsumen pariwisata.

Perbaikan awal dalam sektor pariwisata NTB dengan membangun ekosistem pariwisata, dengan tujuan agar semua stakholder bisa mendapatkan keuntungan yang adil. Menurutnya, ekosistem pariwisata akan berdampak signifikan pada perbaikan pada perilaku konsumen pariwisata.

“Saya menyampaikan kepada mereka, untuk membangun ekosistem pariwisata di NTB. Jadi pelaku pariwisata itu bukan hanya pekerja hotel, pemilik hotel, dan guide, tetapi semua orang punya peran,” jelasnya saat menjadi pembicara diadakan Explore Lombok pada Minggu, 17 Desember 2023.

Dampak lain dari pembagunan ekosistem pariwisata, yakni akan mampu meyakinkan penikmat pariwisata di NTB untuk tetap setia menjadi pelancong tetap. Sehingga potensi ekonomi akan bisa bertahan dalam waktu yang cukup panjang.

Saat ini pemetaan untuk pariwisata di NTB masih belum terlihat. Baginya, pariwisata harus menonjolkan kualitas pariwisata bukan pada kuantitasnya pariwisata. Misalnya ia mencontohkan, karena kultur sosiologis masyarakat NTB yang kental dengan nuansa agama, maka nilai-nilai itu yang harus dijual ke wisman sebagai harga dari sebuah daerah.

Berita Terkini:

Sehingga tidak perlu mendesain pariwisata dengan corak dan gaya negara luar, tapi cukup dengan kekhasan dan keunikan dari budaya yang ada di NTB.

“Jadi kita harus masuk ke quality tourism, nggak usah banyak-banyak yang datang, tapi yang datang itu yang punya duitnya banyak, tinggalnya lama, nggak bawa masalah, nggak bawa drug, nggak bawa kehidupan malam, nggak bawa seks bebas, gitu,” tandasnya. (ADH)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button