Politik

Hasil Survei Lembaga di Australia, Ganjar Menang Pilpres dan PDIP Unggul Pileg

Sementara itu elektabilitas partai politik dimenangkan oleh PDI Perjuangan dengan perolehan 34,5 persen pada Juli – September 2023.

Kemudian Gerindra dengan perolehan 16,5 persen

Partai Demokrat dengan perolehan 12 persen.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan 10 persen.

Golkar dengan perolehan 8 persen.

Berita Terkini:

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 5 persen.

Partai NasDem dengan perolehan 4 persen

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan perolehan 1,5 persen

Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan 2 persen

Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan perolehan 1 persen.

Namun survei jajak pendapat ini dilakukan sebelum tiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan calon wakil presidennya (capres) dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengonfirmasi pencalonannya pada akhir Oktober 2023.

Pemilihan cawapres diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap hasil pemilu.

Sementara itu, Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming resmi mendaftar pada pekan berikutnya pada 25 Oktober 2023.

Persaingan telah terkonsolidasi di sekitar ketiga kandidat ini dengan koalisi partai yang mendukung masing-masing kandidat.

Partai-partai tersebut semuanya mencalonkan diri dalam pemilu Legislatif (pileg) yang digelar pada hari yang sama dengan pilpres RI, 14 Februari 2024.

Namun, survei jajak pendapat ini dilakukan sebelum tiga kandidat unggulan resmi mengumumkan pasangan calon wakil presidennya (cawapres) dan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mengonfirmasi pencalonannya pada akhir Oktober 2023.

Pemilihan cawapres diperkirakan akan berdampak signifikan terhadap hasil pemilu.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD resmi mendaftar ke KPU pada 19 Oktober 2023. Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming resmi mendaftar pada pekan berikutnya pada 25 Oktober 2023.

Persaingan telah terkonsolidasi di sekitar ketiga kandidat ini dengan koalisi partai yang mendukung masing-masing kandidat. Partai-partai tersebut semuanya mencalonkan diri dalam pemilu Legislatif (pileg) yang digelar pada hari yang sama dengan pilpres RI, 14 Februari 2024. (SAT)

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button