ADVERTORIAL

Museum NTB Diminati sebagai Tempat PKL Mahasiswa

Mataram (NTB Satu) – Selama bulan Juni 2023, sebanyak tiga kelompok memulai kegiatan praktik kerja lapangan (PKL) di Museum Negeri NTB. Mulai dari siswa SMKN 1 Maluk, mahasiswa Universitas Udayana, dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram.

Dengan adanya, tiga kelompok yang melakukan kegiatan PKL di Museum Negeri NTB, Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, SH., MH., berharap, siswa dan mahasiswa tersebut mendapat pengalaman yang mampu meningkatkan kompetensinya.

“Saya harap adik-adik yang melakukan PKL di Museum Negeri NTB terus mengasah kemampuannya. Terlebih lagi, mengasah kemampuan dalam berkomunikasi,” ujarnya, Senin, 26 Juni 2023.

Sebab, menurutnya, dari berbagai pengalaman yang melakukan PKL ataupun magang di Museum Negeri NTB, ada yang berhasil dan ada juga yang gagal.

“Maka, saya berpesan kepada mereka, harus betul-betul mengasah kompetensinya. Serta, mendapatkan pengalaman sebanyak mungkin di Museum Negeri NTB,” lanjutnya.

Termasuk di era sekarang, kata Ahmad, kompetensi yang paling utama dibutuhkan itu adalah kemampuan berbicara atau kemampuan berkomunikasi.

“Sehingga yang kami lakukan saat ini adalah membuat video koleksi. Hal ini adalah metode untuk melatih kemampuan berbicara mereka. Apalagi dengan PKL yang dilakukan mahasiswa Universitas Udayana juga, sesuai dengan kegiatan pelestarian melalui rencana strategis, yakni ‘Kotaku Museumku, Kampungku Museumku’,” tuturnya.

Ahmad juga menyarankan, agar nantinya para siswa dan mahasiswa setelah mengikuti kegiatan PKL di Museum Negeri NTB untuk terus berproses ke depannya.

“Jika telah selesai magang di museum, teruslah berproses untuk mengasah keterampilan. Keterampilan berbicara dan juga kreativitas,” harapnya. (JEF/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button