Pendidikan

Hasil Sementara SNBP 2023, 80 Siswa SMAN 1 Mataram Dinyatakan Lulus

Mataram (NTB Satu) – Pengumuman hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) telah dilaksanakan Selasa, 28 Maret 2023. Dari hasil seleksi tersebut, sebanyak 80 siswa SMAN 1 Mataram dinyatakan lulus SNBP.

Kepala SMAN 1 Mataram, Kun Andrasto, S.Pd., menyampaikan, data 80 siswa tersebut masih sementara. “Selama dua hari ini kami sudah melacak dan data yang diterima 80 siswa. Mudah-mudahan ada yang melaporkan lagi,” ungkapnya, Kamis, 30 Maret 2023.

Dari data sementara tersebut, ada 5 siswa masuk Universitas Indonesia, Universitas Mataram 42 siswa, dan Universitas Gadjah Mada 20 siswa.

“Sisanya, 13 siswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lain. Ada diterima di Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh November, dan lain-lainya,” jelas Kun.

Kun menambahkan, untuk program studi (prodi) dari IPA banyak lulus di kedokteran dan teknik. Sedangkan jurusan IPS, ada di hukum, manajemen, dan akuntansi.

“Program studi yang keterima hampir merata. Dari jurusan IPA pun banyak yang keterima di hukum, manajemen, dan akuntasi. Sebab, tahun ini diperbolehkan mengambil lintas jurusan asalkan anak-anak mampu menjalaninya nanti,” tambah Kun.

Perolehan siswa yang lulus SNBP ini, tidak hanya berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik saja. Namun, ada juga pengaruh alumni yang berada di PTN tersebut.

“Seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) kami memiliki alumni di sana yang ternyata punya prestasi. Begitu juga di Unram, contohnya di Fakultas Kedokteran. Kedokteran itu biasanya hanya 2 sampai 3 siswa yang masuk lewat jalur prestasi. Dalam tiga tahun ini, meningkat sampai 5 siswa dan tahun ini ada 7 siswa,” ujar Kun.

Kun berharap, siswa SMAN 1 Mataram tidak hanya dapat lulus jalur SNBP saja, tetapi juga pada jalur penerimaan lainnya. “Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) pun kami berharap banyak siswa yang dapat diterima,” tutupnya.

Sebelumnya, terdapat 422 siswa kelas 12 SMAN 1 Mataram yang eligible atau memenuhi syarat mengikuti SNBP 2023 ini. Jurusan IPA 155 siswa dan jurusan IPS 55 siswa. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button