Olahraga

TGB Tanggapi Pro Kontra Israel di Piala Dunia U20 Indonesia

Mataram (NTB Satu) – Keterlibatan Timnas Israel dalam Piala Dunia U20 di Indonesia mengundang pro dan kontra. Penolakan yang muncul pun mengundang dibekukannya posisi Indonesia sebagai Tuan Rumah.

Ketua Harian Nasional Partai Perindo TGB HM Zainul Majdi meminta melihat aspek maslahat dan mudharat soal penolakan pada Timnas Israel.

IKLAN

“Kalau menurut saya menjadi tuan rumah kejuaraan sepak bola di bawah umur 20 tahun juga suatu suatu perjuangan juga, suatu marwah bangsa,” katanya di Kompleks Istana Wapres, Selasa 29 Maret 2023.

TGB melanjutkan, polemik menolak dan mendukung Timnas Israel ini harus dicari titik temunya. Jika bicara tentang membela Palestina, Indonesia tetap pada posisinya, posisi konstitusional.
“Dan semua pemimpin kita akan konsisten disitu, ” ucapnya.

TGB mengatakan, ketika berada dalam satu organisasi olahraga internasional selalu punya pakem.

“Mereka juga punya rulesnya, punya aturannya, ya kita berusaha untuk bisa complay bisa menyesuaikan dengan itu, ” ucapnya.

IKLAN

Pada saat yang sama, sambung TGB, ini dapat menjadi momen juga dimana warga Indonesia berharap juga ada kesetaraan. Dalam arti bahwa tidak jarang Palestina juga klub sepak bolanya itu dilarang untuk tampil khususnya oleh Israel. Demikian juga tim-tim-tim olahraganya.

“Jadi menurut saya kalau kita bicara tentang kesetaraan untuk semua ya tim Palestina ketika mereka berkiprah di event-event internasional atau dari dalam Palestina sendiri itu mendapatkan kebebasannya, ” tegasnya.

Ditambahkan, Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 harus tetap jalan. Tugas semua pihak mencari solusi. Menjadi tuan rumah ini akan membangun marwah bangsa.

Beragam jalan dilakukan membangun marwah bangsa bisa melalui ilmu teknologi, ekonomi, dan salah satu adalah melalui olahraga.

“Jadi membangun nasional spirit itu juga bisa melalui olahraga. Jadi ini juga bagian dari membangun bangsa, ” tegasnya.

“Karena itu jangan sampai karena kita tidak bisa sampai pada kata sepakat lalu kemudian kesempatan ini hilang, sayang sekali untuk itu, ” sambungnya.

Terhadap pihak yang menolak kehadiran Timnas Israel, TGB menilai tentu semua punya alasannya, punya reasioningnya. Meski begitu, ia mengajak untuk melihat kepentingan bangsa secara keseluruhan. Jangan sampai misalnya (penolakan) berdampak panjang pada ikhtiar-ikhtiar Indonesia untuk menjadi tuan rumah bagi banyak sekali event olahraga.

“Kasihan juga ya kalau kemudian kita mendapat catatan hitam di dalam masalah seperti ini, ” tutupnya.

Sebelumnya, drawing grup Piala Dunia U20 akan digelar, namun hal tersebut ditunda karena masih terdapat penolakan pada Timnas Israel. Secara khusus Presiden Indonesia Joko Widodo pun telah meminta PSSI berkomunikasi intens dengan FIFA terkait dengan penyelenggaraan Piala Dunia U20. (HAK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button