Kota Mataram

Bersih-bersih Lapas Mataram, Petugas Temukan Sejumlah Barang Terlarang

Mataram (NTB Satu) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Mataram merazia sejumlah blok yang dihuni warga binaan, Jumat, 17 Maret 2023.

Kalapas Mataram, Ketut Akbar Herry Achjar menjelaskan, pihaknya melibatkan TNI dan Polri untuk melakukan razia dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi dan bulan Ramadan.

IKLAN

Hasil razia itu, kata Ketut Akbar, pihaknya menemukan sejumlah barang yang dilarang masuk ke dalam lapas. Barang-barang itu antara lain gunting, silet, kabel, pemanas air, sendok, tang, dan obeng.

Selain itu, pisau rakitan cutter, cas handphone, headset, lampu tidur, dan pulpen. “Barang-barang tersebut tidak layak berada di dalam blok. Makanya kami sita,” ungkapnya.

Pihak lapas Mataram kemudian memusnahkan seluruh barang tersebut. Selanjutnya, warga binaan diingatkan agar tidak lagi memasukkan barang terlarang itu ke dalam blok.

Ketut Akbar juga berharap, dari razia ini warga binaan Lapas Mataram bisa menjalankan hari raya Nyepi dengan khidmat bagi umat Hindu. Apalagi sebentar lagi umat Muslim juga akan menjalankan ibadah puasa.

IKLAN

“Semoga dengan razia bersih-bersih mereka bisa menjalankan ibadah dengan khusyuk,” harapnya.

Razia tersebut juga menjadi tindak lanjut dari pengungkapan penyelundupan sabu ke dalam lapas. Dia memastikan, tidak ada peredaran sabu terjadi di dalam blok.

“Kami melakukan ini juga untuk menciptakan Lapas Bersinar (Bersih dari Narkoba),” ucapnya.

Pengungkapan penyelundupan sabu itu menjadi evaluasi ke depan. Pihaknya akan memeriksa lebih ketat terkait pengiriman makanan atau pembesuk. “Harus dipastikan tidak ada barang terlarang yang masuk ke dalam Lapas,” tegasnya.

Saat ini, pihaknya telah memberikan pelatihan khusus kepada warga binaan untuk menggali potensi keahliannya. Tujuannya, agar mereka bisa lebih siap bekerja setelah bebas nanti. (KHN)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button