INTERNASIONAL

Michelle Yeoh, Perempuan Asia Pertama yang Raih Best Actress di Academy Awards

Mataram (NTB Satu)Michelle Yeoh telah membuat sejarah di Oscar pada Minggu malam 12 Maret 2023. Ia menjadi orang Asia pertama yang menang sebagai aktris utama.

Seperti dilansir dari Variety, Yeoh membawa pulang Academy Award pertama dalam kariernya yang terkenal, untuk aktris terbaik dalam film “Everything Everywhere All at Once“.

Yeoh bernama lengkap Tan Sri Dato’ Seri Michelle Yeoh Choo-Kheng yang merupakan seorang aktris dan penari berkebangsaan Malaysia. Ia terkenal lantaran perannya dalam film aksi Hong Kong dalam rentang tahun 1990-an.

Kehormatan untuk Academy Awards itu datang setelah karir panjang dalam seni bela diri dan film aksi. Seperti “Crouching Tiger Hidden Dragon” dan “Yes, Madam“.

Daniel Kwan dan Daniel Scheinert tampil sebagai sutradara dalam “Everything Everywhere All at Once“.

“Untuk semua anak laki-laki dan perempuan, ini (Academy Awards) adalah mercusuar harapan dan kemungkinan,” ujar Yeoh saat menyabet piala Academy Awards untuk kategori Pemeran Wanita Terbaik.

Yeoh mendedikasikan penghargaan tersebut untuk ibunya dan semua ibu yang ada di dunia. Menurut Yeoh, seluruh ibu di dunia adalah pahlawan super.

Di Oscar, Yeoh hanyalah wanita Asia ketiga setelah Yuh-Jung Youn untuk “Minari” dan Miyoshi Umeki untuk “Sayonara”.

Yeoh adalah perempuan pertama dalam kategori utama yang memenangkan hadiah akting.

Dalam merebut trofi, Yeoh mengalahkan Cate Blanchett untuk “Tár“, Michelle Williams dalam “The Fabelmans“.

Ia juga mengalahkan Andrea Riseborough pada “To Leslie“, dan Ana de Armas sebagai Marilyn Monroe dalam “Blonde“.

Terlepas dari persaingan yang ketat, Yeoh adalah favorit untuk menang. Karena, Yeoh mendapat kehormatan di hampir setiap upacara pendahuluan, termasuk SAG Awards, Independent Spirit Awards, dan Golden Globes.

“Saya tidak akan berdiri di sini tanpa Daniels. Juga pemain dan kru yang luar biasa serta seluruh tim ‘Everything Everywhere All at Once‘. Juga, keluarga besar saya di Hong Kong, tempat saya memulai karir,” pungkas Yeoh. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button