Lombok Utara

Beronjong Miliaran Rupiah di Lombok Utara Ambrol, PUPR NTB Alasan Faktor Alam

Mataram (NTB Satu) – Beronjong di Gunung Malang, Jalur Pusuk Desa Menggala, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara longsor.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTB menjelaskan, longsor itu karena faktor alam.

“Longsor pada bangunan beronjong akibat hujan deras yang terjadi sejak Senin, 6 Maret 2023 pagi,” kata Kepala Bidang Bina Marga PUPR NTB, Lis Komalasari.

Komalasari menyampaikan, struktur tanah yang lembab menjadi penyebab beronjong yang baru rampung sekitar empat bulan lalu tersebut bermasalah.

“Beban berat yang melewatinya menjadi salah satu penyebabnya juga,” lanjutnya.

Komalasari mengaku telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat. Pasalnya, hal tersebut murni karena faktor alam, sehingga menjadi kewenangan BPBD untuk penanganan maupun sumber anggarannya.

“Untuk perbaikannya nanti BPBD yang akan menangani karena kerusakan ini akibat alam, bukan menjadi tangung jawab rekanan. Ada anggaran dari BPBD untuk bencana alam namanya BTT,” ungkapnya.

Menurutnya, untuk penanganan jangka pendek (sementara), pihaknya akan memasang rambu jalan di sekitar jalan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengalihkan arus lalu lintas dari Gunung Sari-Senggigi-Malaka bagi kendaraan dengan beban berat.

“Nanti kita tunggu dulu rekomendasi status dari BPBD KLU,” pungkasnya.

Masyarakat yang ingin melintas di jalur tersebut agar berhati-hati. Karena longsoran nyaris mengikis badan jalan.

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button