ADVERTORIAL

Kepala BRIDA NTB Paparkan Sejumlah Isu Strategis Penunjang Pembangunan

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB terus berkomitmen untuk mendorong isu-isu strategis yang menunjang pembangunan daerah. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang telah disusun Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah.

Kepala BRIDA NTB, Dr. H. Amry Rakhman mengatakan, BRIDA NTB memiliki berbagai isu-isu strategis pembangunan. BRIDA NTB terus melakukan aktivitas dan pemanfaatan hasil riset, inovasi, teknologi untuk mendorong kebijakan pembangunan. Selain itu, BRIDA juga akan terus meningkatkan kapasitas sumber daya yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan daerah yang belum memadai.

“Kami juga menyediakan fasilitas layanan untuk wisata keilmuan yang berbasis pada inovasi dan teknologi. Kami melakukan itu untuk mendorong kebutuhan wisata edukasi yang masih kurang dan menciptakan minat berinovasi bagi para anak muda,” ungkap Amry, Kamis, 2 Maret 2023.

Selain itu, BRIDA NTB juga terus memfasilitasi aktivitas kewirausahaan yang berbasis pada inovasi, teknologi, dan digitalisasi. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung industri 4.0 yang belum bergerak secara maksimal.

Menurut Amry, sektor industri di NTB menghadapi cukup banyak tantangan. Wirausahawan dan IKM di NTB belum sepenuhnya beradaptasi dengan teknologi yang terpabrikasi, sumber daya manusia yang masih kesulitan untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, kemampuan finansial yang belum memadai, belum terciptanya standarisasi dan sertifikasi yang mumpuni dari berbagai produk yang berasal dari NTB.

“Selanjutnya, produk-produk di NTB belum memiliki daya saing, berbagai pelaku usaha belum membangun jejaring yang baik serta konsumen belum terlalu memercayai kualitas produk dan mesin produksi yang ada di NTB. Oleh karena itu, BRIDA NTB terus berkomitmen untuk membantu menumpas permasalahan industri di NTB,” terang Amry.

Ke depannya, BRIDA NTB bertujuan untuk menciptakan sistem riset, inovasi, dan teknologi yang terintegrasi. BRIDA NTB melakukan hal tersebut untuk menciptakan solusi dari berbagai masalah pembangunan ekonomi yang ada di NTB. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button