Daerah NTB

Target Zakat NTB Tahun ini Rp32,3 Milyar, Terkumpul Baru Rp8 Miliar

Mataram (NTB Satu) – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) NTB, Dr. Muhammad Said Ghazali, Lc., MA menargetkan pengumpulan Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) tahun 2023 sebesar Rp32,3 milyar. Target tersebut masih sama dengan target pada tahun 2022.

Tahun 2022 target pengumpulan ZIS Baznas NTB mengalami kenaikan 1 persen dari target Rp32,3 milyar

“Alhamdulillah, tahun 2022 mencapai Rp33,3 milyar,” ujar Ghazali saat diwawancarai NTB Satu, pada Kamis, 13 April 2023 usai rapat penyerahan zakat di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB.

Per Januari sampai April 2023, pengumpulan ZIS sudah mencapai Rp8 milyar dan sudah didistribusikan sebesar Rp4 milyar. Selain itu, Baznas NTB memiliki target khusus dalam pengumpulan ZIS pada bulan Ramadan.

“Di bulan Ramadan ini, kami menargetkan pengumpulan ZIS, sekitar Rp1 milyar,” sambungnya

Diketahui potensi zakat di NTB mencapai 2,8 Triliun. Sementara pengumpulan ZIS baru 1 persen dari potensi zakat tersebut, sekitar Rp180 milyar.

“Baznas NTB baru mengumpulkan ZIS 1 persen dari Rp2,8 triliun, sekitar Rp180-an miliyar. Mudah-mudahan tahun ini bisa mencapai target,” ujarnya

Pengumpulan zakat melalu Baznas sebagian besar berasal dari aparatur pemerintahan dan sisanya zakat berasal dari non pemerintahan.

Sebagai upaya Baznas NTB dalam memaksimalkan zakat dari non pemerintahan, dilakukan pengumpulan zakat dengan on balances dan off balances atau pencatatan langsung dengan bantuan Baznas Kabupaten dan Kota. (MYM)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button