Olahraga

Kota Mataram Juara Umum Porprov XI NTB, Wali Kota : Kuncinya hak dan bonus atlet

Mataram (NTB Satu) – Kontingen Kota Mataram menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI NTB 2023 setelah berhasil mengumpulkan 145 medali emas hingga Minggu pagi, 26 Februari 2023.

Keberhasilan itu, menurut Wali Kota Mataram, H. Mohan Roliskana, merupakan buah dari pengelolaan atlet yang matang, terutama pada pemenuhan hak atlet di bidang anggaran.

“Kita ada kebijakan untuk memberi proporsi anggaran yang proporsional. Ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan daya saing,” ucap Mohan Roliskana.

Dengan anggaran yang cukup, lanjut Mohan, proses pembinaan sebagai labgkah persiapan dapat dilakukan lebih lama dan lebih intens.

KONI kita beri anggaran yang cukup, sehingga mereka bisa mengelola atlet tidak dalam waktu singkat, ada sentralisasi dan pembinaan berkelanjutan,” kata Mohan kepada ntbsatu.com, Minggu 26 Februari 2023.

Adapaun beberapa hak-hak finansial yang diberikan Pemkot Mataram kepada atletnya yang berlaga di Porprov NTB 2023, seperti honorarium bulan Januari dan Februari 2023, uang peralatan, bantuan cabang olahraga (cabor) dan uang saku.

Selain itu terdapat uang bonus untuk peraih medali dengan total jumlah Rp4 miliar. Besarannya Rp10 juta untuk peraih medali emas, Rp5 juta untuk medali perak, dan Rp3 juta bagi peraih medali.

Sementara bonus untuk pelatih akan diberikan sebesar 50 persen dari bonus atlet peraih medali. “Karena kita yakin, 50 persen dari keberhasilan seorang atlet disumbangkan oleh pelatih,” kata Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Mataram, Firadz Pariska. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button