Lombok Barat

Viral Perempuan Melahirkan di Jalan Raya Lombok Barat, Bidan Ungkap Kronologinya

Mataram (NTB Satu) – Beredar video viral seorang ibu melahirkan di jalan perkampungan. Kejadian dalam video tersebut diduga di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Dalam video pendek berdurasi satu menit itu, tampak seorang ibu memakai baju biru melahirkan bayinya, dengan posisi tergeletak di jalan dengan ditopang beberapa warga lain.

IKLAN

Dari percakaan di dalam video itu, ibu hamil tersebut awalnya akan dibawa menggunakan ambulans. Namun, mobil ambulans tak kunjung datang, sampai akhirnya ibu tersebut melahirkan bayinya di pinggir jalan.

Kabar tersebut dibenarkan Mia Astari, Bidan Poskesdes, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong Lombok Barat.

Diceritakannya, kondisi ibu dan bayi masih dalam keadaan hidup. Meski begitu, anak tersebut masih dirawat di ruangan khusus (Nicu) di RSUD Praya, Lombok Tengah.

“Memang benar melahirkannya di Jalan Meang. Jadi waktu itu ibu ini akan dibawa ke klinik, akan tetapi belum datang ambulans, bayi dari ibu tersebut keluar,” ungkapnya, Senin 20 Februari 2023.

IKLAN

Lanjut Mia, warga tersebut diketahi bukan KTP Sekotong, Lombok Barat. Sehingga, ia belum sempat menanyakan detail. Ibu tersebut juga tidak pernah memeriksakan kehamilannya ke bidan atau Poskesdes setempat.

“Informasi terakhir ibu dan bayi sudah di rujuk ke RSUD Praya, Lombok Tengah, dan dalam keadaan sehat,” bebernya.

Jadi Perhatian Kapolda

Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto yang kebetulan sedang kunjungan ke Sekotong, turut mengatensi kejadian tersebut. Jendral bintan dua itu mengaku prihatin dan menganggap masalah tersebut menjadi PR bagi semua pihak.

“Kedatangan saya di sini untuk menyerap apa yang menjadi keluhan masyarakat, salah satunya itu (ibu melahirkan). Jadi apa yang bisa kita berikan kepada sesama untuk manfaat orang lain, seperti kesehatan, air bersih. Jadi itu akan kita rembukan bersama,” kata Djoko.

Terkait dengan keterlambatan pelayanan kepada ibu itu diakui Kapolda masih banyak yang harus dibenahi.

“Catatan kami, memang banyak yang perlu kita benahi dan kerjakan, sehingga ke depan jadi lebih baik,” pungkasnya. (MIL)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button