Pendidikan

Kantor Bahasa NTB Kirim 14 Peserta ke Festival TBI Nasional

Mataram (NTB Satu) – Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional yang merupakan program revitalisasi bahasa daerah dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, akan dilaksanakan pada 13 – 16 Februari 2023.

Kantor Bahasa Provinsi NTB mengirimkan 14 peserta dari siswa SD dan SMP seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi NTB untuk mengikuti kegiatan tersebut.

IKLAN

“Dari 30 orang pemenang tingkat provinsi diseleksi kembali menjadi 14 siswa SD dan SMP yang akan mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat nasional bersama guru pendamping,” ungkap Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum.

Keempat belas peserta akan mementaskan suatu pertunjukkan di hadapan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim.

“Mereka akan pentas di hadapan Mas Menteri membawakan cerita Sasak, Samawa, dan Mbojo selama 30 menit dan berkolaborasi,” jelas Retno.

Retno berharap, anak-anak yang akan pentas bisa menampilkan yang terbaik. “Mudah-mudahan berjalan lancar di Jakarta,” ujar Retno.

IKLAN

Selain sebagai upaya revitalisasi bahasa daerah, Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dilaksanakan untuk memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional 2023.

“Kebetulan tahun ini Badan Bahasa menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Bahasa Ibu Internasional ditunjuk oleh UNESCO. Acaranya akan dilaksanakan di Jakarta,” tambah Retno.

Penunjukkan Indonesia sebagai tuan rumah Hari Bahasa Ibu Internasional 2023 karena UNESCO telah melihat Indonesia berhasil melaksanakan revitalisasi bahasa daerah.

“Gerakan revitalisasi ini sudah dilihat UNESCO dan Indonesia dianggap berhasil melakukannya, itupun hanya 13 balai dan kantor bahasa dengan 39 bahasa daerah yang direvitalisasi di tahun 2022,” ungkap Retno.

Terdapat beberapa rangkaian acara memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional 2023, yaitu ada Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dan pemberian penghargaan untuk kepala daerah yang sudah berkomitmen mendukung program revitalisasi bahasa daerah.

“Kami mengusulkan Gubernur NTB dan Bupati Lombok Timur untuk mendapatkan penghargan pada tanggal 13 malam karena sudah mendukung program revitalisasi bahasa daerah,” tambah Retno.

Acara pembukaan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional dapat disaksikan di kanal YouTube Kemendikbud RI, Senin, 13 Februari 2023, pukul 20.30 WITA. Acara pembukaan akan dihadiri oleh Mendikbudristek dan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz. (JEF)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button