Lombok Tengah

Bentrok Pekerja Proyek Hotel dan Aparat di Kawasan Mandalika Jadi Tontonan Wisatawan

Mataram (NTB Satu) – Persoalan keamanan pada Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di wilayah Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah menjadi salah satu sorotan catatan akhir tahun dari Kapolda NTB. Untuk itu Kapolda memastikan kekondusifan di wilayah tersebut terjamin.

Hal itu diungkapkan Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto saat rilis akhir tahun 2022, di Lapangan Bharadaksa Mapolda NTB, Jum’at kemarin, 30 Desember 2022.

Sehari berselang, kawasan yang diresmikan Presiden Joko Widodo itu digeruduk puluhan masyarakat yang menuntut upahnya dibayarkan, lantaran tertunggak selama 2 tahun oleh pihak Hotel Raja yang juga berada di area KEK Mandalika.

Aksi berujung bentrok antara aparat Kepolisian dan masyarakat itupun menjadi perhatian wisatawan, baik lokal maupun asing di kawasan tersebut. “Kaget saja saya pikir tadi ada pertunjukan budaya atau apa, jadi saya merapat ternyata ada demo dan ribut-ribut,” kata Riska, yang mengaku berasal dari Malang, Jawa Timur Sabtu 31 Desember 2022.

Tak hanya dirinya, dari pantauan ntbsatu.com, wisatawan yang berada di sekitar lokasi aksi juga menyaksikan adanya bentrokan antara aparat Kepolisian dan massa aksi.

Kapolres Lombok Tengah, AKBP Irfan Nurmansyah pada saat pembubaran paksa massa aksi tersebut menegaskan, dirinya akan bertanggungjawab jika ada yang dapat mengganggu situasi keamanan di KEK Mandalika.

“Saya Kapolres di sini, tidak boleh ada hal yang mengganggu kamtibmas di sini. Mau bubar atau akan saya bubarkan paksa sekarang,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto dikonfirmasi terkait aksi tersebut menyampaikan, dirinya akan melakukan pengecekan. “Saya cek dulu ya,” jawabnya singkat.

Diketahui, aksi dari puluhan masyarakat itu menuntut pembayaran tunggakan gaji sata pembangunan Hotel Raja. Massa aksi meminta untuk segera diselesaikan. Namun lantaran tidak ada kepastian, bentrokan pun tak terelakan.

Massa aksi menerobos barisan polisi yang berjaga di depan lobi hotel. Buntutnya, satu orang dari massa aksi diamankan paksa oleh aparat Kepolisian Polres Lombok Tengah. (MIL)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button