Kota Mataram

Migrasi TV Digital, Diskominfotik Kota Mataram akan Bagi bagi Ribuan Set Box Gratis

Mataram (NTB Satu) – Beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat telah mematikan siaran TV Analog di seluruh Indonesia. Di Kota Mataram sendiri, cukup banyak warga yang mengeluh karena keuangan mereka yang belum siap membeli perangkat Set Top Box (STB) untuk bermigrasi ke TV Digital.

Seorang warga Kelurahan Gomong, Rusman mendukung kebijakan tersebut apabila dimaksudkan untuk perbaikan kualitas siaran.

Namun karena alasan ekonomi, ia mengaku berharap adanya bantuan berupa subsidi dari pemerintah, agar siaran TV di rumahnya dapat kembali aktif.

“Supaya bisa nonton TV lagi, ya kita berharap supaya dapat bantuan alat (STB) yang dipakai nangkap sinyalnya itu,” ujar pria pekerja lepas tersebut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram, I Nyoman Suwandiasa membeberkan, bahwa Pemerintah Pusat akan membagikan STB gratis kepada masyarakat Kota Mataram melalui pengajuan oleh Pemkot Mataram.

“Itu akan ada nanti dibagikan gratis, buat yang tidak punya STB. Datanya sudah kita kirim,” jelas Nyoman, Jumat, 9 Desember 2022.

Jumlahnya sendiri, kata Nyoman, sebanyak penerima Program Keluarga Harapan (PKH), atau sekitar 20 ribu kepala keluarga.

“Mungkin nanti disaring lagi oleh Pusat, karena belum tentu semuanya punya TV,” tuturnya.

Pihaknya belum dapat memastikan waktu penyaluran ataupun validasi data oleh Pusat. Ia hanya mengimbau kepada masyarakat Kota Mataram yang ingin membeli STB agar tidak membeli produk yang palsu atau tidak disertai hologram, karena kualitasnya tidak akan terjamin. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button