WSBK

PLN UIP Nusra Fasilitasi Produk UMKM Binaannya Tampil saat WSBK Mandalika 2022

Mataram (NTB Satu) – Perhelatan World SuperBike (WSBK) tahun 2022 yang digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit 11-3 November 2022 membuka peluang promosi bagi produk-produk olahan UMKM lokal.

Memanfaatkan momentum yang berskala international ini, UMKM binaan PLN Peduli dari kelompok Tani Muda Sejahtera di Kabupaten Lombok Barat, kembali ikut ditampilkan.

Mengusung produk hasil olahan jahe merah organik hasil dari pertanian kelompok, Ketua Kelompok Tani Muda Sejahtera, menuturkan, kelompoknya mempersiapkan beberapa produk olahan berbahan dasar jahe merah, seperti, bubuk jahe merah murni kemasan, ekstrak jahe merah, kopi jahe, serbat jahe merah, dan ekstrak jahe merah gula aren.

“Event-event seperti ini merupakan peluang promosi produk olahan lokal, apalagi hasil dari UMKM, tidak hanya tentang berapa jumlah produk yang laku terjual, tetapi yang pertama adalah tentunya memperkenalkan produk kelompok kami di pasaran,” ujar Safwan.

Berkaca dari event yang sama seperti MotoGP beberapa waktu lalu, dan WSBK pada gelaran tahun sebelumnya, ia banyak mendapatkan masukan dari para pengunjung, baik dari sisi kualitas produk, kemasan, dan harga jual.

Safwan mengatakan, jika saat ini ia melakukan beberapa efisiensi proses produksi, dan tentunya tetap menjaga kualitas hasil produknya.

“Kami banyak belajar, mulai dari pengolahan tanam, sampai dengan workshop marketing, untuk menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar yang lebih luas, tentunya harus melakukan beberapa terobosan, dan UMKM tentu mampu melakukan itu,” sambungnya.

Sampai saat ini, beberapa produk hasil kelompok Tani Muda Sejahtera sudah mulai dipasarkan di market place online, dan beberapa tempat pusat oleh-oleh. Tidak hanya itu, kelompok ini juga membuka wisata taman rempah yang mengelola dan mengembangkan perkebunan sayur mayur dan rempah yang dapat dipetik langsung oleh pengunjung yang datang langsung ke lokasi.

“Dari proses pembibitan dan produksi produk menciptakan potensi yang menarik, dan Alhamdulillah, semua sejauh ini berjalan dengan baik, dengan omset yang dapat membantu perekonomian kelompok, terlebih semenjak kami di bina oleh PLN Peduli, banyak perubahan dan perkembangan yang dapat kami lakukan untuk mensejahterakan kelompok kami,” tutup Safwan.

Sementara itu Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra), Otong Sugiono mengatakan, PLN terus mendorong perkembangan yang dilakukan oleh kelompok Tani Muda Sejahtera, dengan harapan kelompok tersebut mampu mandiri dan memberikan dampak kemanfaatan yang berkesinambungan

“Berdasarkan penilaian dan hasil pemantauan kami, UMKM ini masuk menjadi kategori UMKM yang naik kelas, mulai dari jumlah tenaga kerja, omzet, dan perkembangan yang telah mereka lakukan, sejak proses awal pada sisi hilir pertanian, sampai ke hasil produk olahan yang mereka luncurkan,” ujar Otong.

Otong melanjutkan, PLN Peduli mengembangkan kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah, melalui pembinaan keterampilan usaha, tatakelola, hingga ke pemasaran, dan kelompok tani muda sejahtera memulainya dari hulu seperti pembibitan, penanaman, sampai ke produk olahan. Artinya bahwa proses hulu ke hilir menjadi potensi ekonomi yang dikembangkan dan tentunya mampu mendatangkan kemanfaatan kelompok.

“PLN juga memberikan perhatian bagi kelompok masyarakat yang berada pada ring 1 pembangunan infrastruktur kelistrikan, dan untuk event WSBK 2022 besok, saya kira mitra binaan kami sangat siap untuk menunjukkan kualitas produk UMKM nya,” tutup Otong. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button