Daerah NTB

16 Oktober 2022, Rute Penerbangan Lombok – Singapura Mulai Dibuka

Mataram (NTB Satu) – Sampai saat ini, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) melayani lima rute penerbangan domestik dengan tujuan ke Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima, dan Sumbawa Besar. Sementara untuk rute penerbangan internasional, terdapat satu penerbangan tujuan ke Kuala Lumpur yang dilayani oleh maskapai AirAsia.

Pada 16 Oktober 2022 mendatang, BIZAM akan menambah satu rute internasional yaitu Scoot Air rute Singapura.

“Maskapai Scoot akan melayani rute Lombok-Singapura pulang-pergi dengan frekuensi penerbangan dua kali seminggu, setiap hari Rabu dan Minggu,” ungkap General Manager Angkasa Pura I BIZAM, Rahmat Adil Indrawan, pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Selama Januari hingga September 2022, pergerakan penumpang dan pesawat udara telah meningkat. PT. Angkasa Pura I BIZAM telah melayani sebanyak 1,4 juta pergerakan penumpang dan 15.166 pergerakan pesawat udara.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, jumlah tersebut bertumbuh sebesar 103 persen untuk penumpang. Sedangkan, 74 persen untuk pergerakan pesawat udara. Pada Januari hingga September 2021 lalu, BIZAM hanya melayani sebanyak 706 ribu pergerakan penumpang dan 8.711 pergerakan pesawat udara.

“Pertumbuhan penumpang dan pesawat udara di BIZAM menunjukkan bahwa industri aviasi mulai pulih setelah diterpa pandemi. Tiga bulan ke depan, kami optimis akan makin baik lagi. Apalagi, Lombok jadi tuan rumah perhelatan internasional seperti, Ironman 70.3, Shell EcoMarathon dan World Superbike (WSBK) 2022 yang diadakan di Sirkuit Mandalika,” ungkap Adil.

Selain perhelatan internasional, momentum libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023 dapat meningkatkan pergerakan penumpang dan pesawat udara.

BIZAM telah melayani sebanyak 158.528 pergerakan penumpang dan 1.785 pergerakan pesawat udara selama bulan September 2022. Apabila dijumlahkan, tercatat sekitar 5.300 pergerakan penumpang dalam sehari dan 60 pergerakan pesawat udara per hari yang tiba serta berangkat dari BIZAM.

Pada bulan Maret 2022, adalah puncak tertinggi pergerakan penumpang dan pesawat udara di BIZAM. Pencapaian tersebut tentu didasari oleh adanya gelaran MotoGP di Pertamina Mandalika International Circuit.

“Saat itu (MotoGP) terdapat 199.591 pergerakan penumpang dan 2.116 pergerakan pesawat. Artinya, rata-rata dalam sehari ada 6.400 pergerakan penumpang dan 68 pergerakan pesawat udara,” pungkas Adil. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button